15 Jam di YOGYAKARTA

Angka yang berwarna merah di kalender akhir bulan Maret tahun 2013 ini, sangat menyita perhatian Gue sedari awal tahun. Rasanya, udah ...



Angka yang berwarna merah di kalender akhir bulan Maret tahun 2013 ini, sangat menyita perhatian Gue sedari awal tahun. Rasanya, udah berpuluh-puluh tanggal merah yang gue lalui selama ini hanya diisi dengan tiduran atau ngelamunin sesuatu yang gak jelas. Gue bener-bener kangen bisa ngerasain lagi baunya keringat yang berasal dari bau alam, bau jalan-jalan, petualangan, atau peng-gembel-an, bukan bau knalpot kendaraan yang udah lupa umur.  Gue sangat rindu ngambil photo-photo dengan view luar biasa, atau jadi model dadakan dengan background foto yang bisa ngalahin kekerenan modelnya, dan whatever-lah pokoknya pengen jalan-jalan. Sekian.

Uang dilempar dompetpun menyambut.
Gue harus bersyukur akhirnya Tuhan mempertemukan gue dengan bro-bro baru, yang ternyata mereka sangat keren, sangat gila, sangat gak jelas, dan sangat gak waras, gue jadi merasa sebagai satu-satunya orang yang normal yang tersisa disini. (dilarang protes! :P )

Berbagai planning kita buat untuk mengisi tanggal merah di akhir Maret dengan semanis, seimut, secantik dan semulus wajah Pattie. Dengan berbagai kemungkinan yang bakalan terjadi, dan pertimbangan yang bener-bener udah clear untuk dilaksanakan, kita putuskan untuk nge-gembel keren ke Wonosobo dari hari Kamis malam (28/03/2013) dan balik lagi ke Bandung Sabtu sore (30/03/2013). #okesip

Dengan memegang teguh pada sebuah quotes yang udah ada dari dulu dan turun temurun, dari seorang kakek hingga ke cucunya, dan ke cucu dari cucunya lagi, dan begitu seterusnya:


“Gagal dalam Perencanaan adalah sama dengan merencanakan sebuah kegagalan”




Dengan nanya-nanya ke Om Google berulang kali, akhirnya, planning sudah rampung kita buat dari bulan Februari, dengan asumsi, planning yang jauh hari dibuat dengan sempurna akan mendapatkan hasil yang sempurna juga..

Yap! Planning kita sangat-sangat sempurna, sesempurna cinta Habibie – Ainun, yang belakangan ini konon menjadi kiblat kisah percintaan para pemuda yang dilanda cinta di Indonesia. Akibat film itu, para cewek jadi berfikir bahwa seorang pria idaman adalah pembuat pesawat terbang. Beruntunglah bagi para pria single yang bekerja di DIRGANTARA INDONESIA, mereka mendadak kebanjiran surat cinta, atau dibuat ngehang hapenya gara-gara nerima banyak sms ngajak kenalan dan undangan candle light dinner dari cewek-cewek single se-Indonesia.

Selamat! Kalian sukses membuat para jomblo diluar sana gigit guling tujuh hari delapan malem!

*****

Memasuki pertengahan bulan Maret, 12 hari-an sebelum berangkat. Kita benar-benar disadarkan bahwa dalam segala hal manusia memang hanya bisa merencanakan dengan sesempurna mungkin, akan tetapi segala keputusannya ada di tangan Tuhan. Dude, so damn.. that's true!

Ngedadak temen travel kita ada yang harus masuk kerja hari Jumat (29/03/2013) pas tanggal merahnya, mendadak gunung Dieng aktif. Sebenernya walaupun gunung Dieng aktif, tapi dataran tingginya cukup aman untuk didatangi. Tapi, tetap saja. Tuhan membisikkan pesannya ke telinga ortu travelmate gue, untuk tidak mengizinkan mereka ke Wonosobo, Dieng lebih tepatnya.

Kalo mentingin ego dan pengen ngejar senang-senang sendiri sih, kita bisa gak ngedenger pesan dari ortu dan bisa ajah kita tinggal dia yang lagi kerja, terus pergi. Kalo emang mau ikut, biar dia nyusul. Tapi, disinilah sebenarnya kesetiaan kita dalam pertemanan dan kesetiaan kita pada nyokap-bokap diuji..
Disinilah satu buah quotes keren bersua lagi :


“Gak ada Lo gak rame!!”



Quotes favorit dari produk rokok yang menawarkan ‘persahabatan’ dengan rokok, eh, teman

Beneran, bakalan kerasa garing ajah, kalo pas awal kita ngerencanain sesuatu bareng-bareng, eh taunya malah cuma sebagian ajah yang bisa jalan. Kalo itu yang terjadi, bakalan ada yang hilang disini. Waktu bersama yang gak akan bisa diganti dengan apapun. Kebersamaan yang tidak dapat diggantikan dengan orang yang lain, siapapun.

Kayak lagi dapet wahyu buat masang togel, saat itu kita juga mendapatkan wahyu yang sama. Satu lagu muter random dari playlist hape gue, “Kla Project – Yogyakarta”. Satu kata dibisikkan oleh Malaikat Jibril ke telinga kita “Yogyakarta”.

Saat itupun planning dadakan untuk pergi ke Yogyakarta langsung ngalir gitu ajah kayak air hujan yang langsung turun deras tanpa basa-basi, tanpa gerimis. Hanya ada halilintar yang berteriak disana : 

“KITA SIAP BERGEMBEL KEREN DI YOGYAKARTA!!”


Kita sebagai anak-anak perintis karir, emang berniat buat ngegembel disana, kita terinspirasi sama orang-orang yang udah lebih dulu menjadi seorang backpacker dan sukses mengelilingi Indonesia dengan dana yang minim dan kesan yang kebangetan banyaknya. Kita juga kepingin ngerasain capeknya, ramenya, dan kesannya yang kebangetan serunya.

Berdasarkan temen yang harus masuk kerja hari Jumat pagi, terus ada juga teman kita yang harus ikut UTS di kampusnya hari Senin. Maka H-9 kita beli tiket kereta yang berangkat dari St. Kircon Jumat malem (29/03/2013) dan balik lagi dari St. Lempuyangan Sabtu malem (30/03/2013). Itu artinya kita cuman satu hari di Yogyakarta.

Sekarang yang bicara disini adalah kualitas waktu bukan kuantitas waktu. Bagaimana agar kita bisa manfaatin waktu yang terbatas ini buat lebih berkesan dan gak garing dari satu hari biasanya!


Sialnya tiket Ekonomi sudah habis, kita cuman kebagian empat tiket dari total dua puluh bangku kosong dengan status Ekonomi AC. Oh iya, fyi, mulai awal bulan April 2013 kereta ekonomi bakalan diganti semua jadi Ekonomi AC, harganya naik gak tanggung-tanggung, yang biasanya cuman 30ribuan dari Kircon ke Lempuyangan loncat indah jadi 100ribuan. Mirip kayak mahalnya kenaikan status dari pacaran ke nikah!

Ini adalah kabar buruk buat para backpacker, juga kabar yang amat buruk buat para jomblo yang pengen ngajakin gebetan backpacker-an. Yoi, sekarang para jomblo harus mikir dua kali buat neraktir gebetan beli pecel di dalem kereta. So damn, right Mblo?!

-----------SKIIIPPPPP---------

Stasiun Kiaracondong. Jumat, 29  Maret 2013..

Sehabis sholat Isya, tiga orang pria yang masih tampan (kata ini sedikit meragukan saat melihat cermin, tapi selalu meyakinkan setiap kali melihat foto ktp elektronik. Ini serius), dan satu orang wanita yang masih cantik (walau belakangan ini lebih senang disebut tampan. Entah karena kita bertiga yang terlihat semakin cantik sehingga membuat dia minder, jadi pengen banget dipanggil tampan, entahlah. Ini masih misteri), memasuki St. Kiaracondong dengan wajah clingak-clinguk slowmotion mencari bangku kosong dengan kerennya.

Setelah satu orang bapak-bapak cuap-cuap di microphone  stasiun, ngasih info kalo kereta KAHURIPAN segera memasuki area stasiun, kita segera bersiap berangkat, dengan semangat yang gak akan kalah~lah dari semangatnya mahasiswa yang ngebakar ban bekas pas demo di tengah jalan sampe macet, sehingga banyak buruh kena potongan uang makan karena kejebak macet di jalan, dan telat masuk pabrik.

Oke Bro-Bro.. Ini dia tiga orang yang akan nemenin Gue ngegembel keren di Yogyakarta :




1.     Travelmate yang pertama, Ucup.



Ucup adalah temen gue yang cinta banget sama warna merah. Apapun yang berwarna merah, pasti dia suka. Ya, mungkin saat Ibunya hamil, beliau ngidam sop mata banteng, makanya Ucup terlahir layaknya seorang manusia bermata banteng, nyolot banget kalo ada warna merah. Konon, waktu lahir, Ibu bidannya sampai harus mengibar-ngibarkan handuk berwarna merah untuk menarik perhatian Ucup biar gampang keluar dari rahim Ibunda tersayang

Ingat provider hape yang menjanjikan sinyal yang kuat tanpa terputus-putus saat internetan, dengan quote andalan “Always On!” ??

Ucup sedikit mirip dengan provider itu, yang berbeda hanyalah pada quote andalannya, “Always read! Always read! Alwayss…… zzzzzz… !!! Oh, ternyata sudah pagi, cepat sekali waktu berlalu,”
*DANGGG!!!*

Ucup selalu membaca buku, apapun.. satu tantangan dia yang belum gue jalanin, dan selalu ngebuat gue deg-degan tiap mau ngejalaninnya, yaitu :

Membaca buku “Udah Putusin Ajah!” yang ditulis oleh Ust. Felix Siauw.

Coba bayangin, gue jomblo dan gue disuruh putus! Oh, damn!

Tapi, ada satu quote dari dia yang selalu bikin gue ngacungin jempol tiap ketemu dia, kayak gini :

“Percaya sama Allah swt kan? berarti harus percaya sama Q.S An-Nur ayat 26 yang ngejelasin, kalo ‘Wanita yang baik itu adalah untuk lelaki yang baik, dan lelaki yang baik adalah untuk wanita yang baik, dan sebaliknya.’ Jadi, kalo kamu mutusin buat sendiri dan selalu memperbaiki diri sampai tiba saatnya nanti kamu siap untuk berumah tangga, itu sama artinya dengan kamu sedang memperbaiki level kebaikan isteri yang kamu dapetin kelak.”


Bro, itu pemikiran keren dan pinter!
Sayang banget sekarang banyak yang mikir gini,

“Buat dapet isteri yang baik ya harus dicari dari sekarang, biar gak kehabisan stok cewek yang sholehah."

Itu adalah pemikiran yang sangat sesat, dan sayangnya gue termasuk orang yang berpikiran sesat itu.
Kenapa sesat? Coba pikirin lagi ajah sendiri, dalem-dalem, diem-diem, bener-bener… dan… zzzzzz… !!! Oh, ternyata sudah pagi, cepat sekali waktu berlalu!
*DANGGG!!!*



2.     Travelmate yang kedua, Andes.



Andes adalah temen gue yang masih kuliah, gue lupa lagi dah sekarang lagi kuliah semester berapa? Yang jelas status ktpnya lelaki mahasiswa dan belum nikah. Udah gitu ajah.

Dia adalah teman yang paling kalem dibanding kita. Yap! Bisa bayangin sendiri lah, gue ajah udah sangat-sangat kalem, pendiem dan super pemalu, kayak gini, apalagi Andes yang posisi kekalemannya ada beberapa level di atas gue?

UAS hari Senin ajah, dia nyantei-nyantei. Beda sama mahasiswa lainnya yang sering gue liat mendadak otaknya panas-dingin kerasukan hantu penunggu buku fisika terapan dan logaritma bla-bla-bla.. yang selama kesurupan itu akan menundukkan kepalanya ke arah buku sepanjang hari dengan mulut komat-kamit kayak dukun yang baca mantra, tau baca slip rapelan gaji bulanannya yang nunggak. Taulah.

Dia sangat suka banget sama uang seribu rupiah. Kenapa? karena jika dilakukan pembesaran pada gambar Patimura. Maka akan terlihat sebuah smiley senyum pada kancing baju yang dipakai oleh Patimura. Sumpah, ini sangat penting sekali!!


3.  Travelmate yang ketiga, Ica.




Dia jadi satu-satunya cewek yang ikut travel bareng kita kali ini.

Sebenarnya ada dua orang cewek lagi yang tadinya bisa saja ikut. Namun Karena cewek yang satu, lagi ada praktek kebidanan dan harus mengabdi disana selama long weekend ini, dan yang cewek yang satunya lagi sedang masuk ke masa tenang sebelum Ujian Nasional sekolah menengah atas, jadi yaa mereka gak bisa ikut.

Dengan begitu, selama pulang pergi Yogyakarta, Ica memegang status sebagai orang tercantik dari kita berempat. Oke, Gue, Ucup dan Andes merelakan status itu.

Tadinya Gue sempet bingung waktu ngelihat travelmate kali ini, dia sendiri ceweknya. Kasian banget entar gak ada teman sejenis. Takut nanti dia ngerasa gak nyaman atau apalah~

Satu yang gue harepin di trip kali ini, kita bisa kenalan sama satu orang cewek single yang butuh temen travel juga, jadi bisa gabung bareng kita, nemenin Ica, gila-gilaan bareng kita, tukeran nomor hape sama gue, lalu pelan-pelan bisa saling ngisi hati sama gue. Itu bakalan jadi travel paling sempurna. Itu indah. sebelum akhirnya gue sadar, yang indah-indah hanya ada di ftv. Ya sudahlah~

Begitu gue pikir berulang lagi dan lagi, akhirnya gue dapet pencerahan. Gak apalah Ica sendiri doang ceweknya. Biarlah, gak akan jadi masalah, toh dia fleksibel ini.

Gak ngerti dengan arti kata “fleksibel” disini? 

Coba sering-sering ikut kumpul bareng kita, biar makin jelas.. ehehe.. :D


*****

Jumat, 29 Maret 2013, Pukul 20.30 Keretanya udah datang! Here We Gooo!!!
Kita kebagian gerbong ke 6, dengan nomor kursi 16 A, B, C dan 15 B bergabung, dan sangat adem saat melihat di 15 A ternyata ada mbak-mbak berjilbab dengan muka ayu khas darah jawa, dan murah senyumnya yang manis, dan suaranya yang bener-bener lebih sejuk dari kipas angin.

Kehadiran mbak ini bener-bener menambah suasana malam kita menjadi sangat-sangat adem, disamping karena posisi duduk kita yang tepat berada di bawah AC. Kita menjadi benar-benar merasa seperti sedang bershower embun di gerbong kereta api sepanjang malam.


Posisi duduk ini, membuktikan pepatah saat sekolah dulu, bahwa posisi duduk kamu menentukan prestasi!

Iya, saat sekolah, mungkin posisi duduk saat ujian akan sangat mempengaruhi nilai ujian. Sedangkan sekarang, posisi duduk sangat-sangat menentukan kesehatan. Dengan udara malam yang dingin ditambah AC yang dinginnya kebangetan, ini sangat menentukan berat badan kita nanti saat tiba di Yogyakarta. Iya, kita wajib menimbang berat badan kita nanti, apakah berat badan kita bertambah Karena kebanyakan makan angin di jalan?

Juga, hal baiknya, kita bisa membuktikan kualitas minyak kayu putih yang kita beli, apakah cukup bagus untuk menolak masuk angin atau tidak?!

Sepanjang pemandangan luar jendela kereta yang gelap, dan banyak lampu-lampu dari rumah penduduk yang genit, mengip-nedip ke arah gue. Perjalanan menuju Yogyakarta, banyak dihabiskan mulut gue untuk ngemil oreo, snek, dan nyeruput kopi. Bahagia itu sesederhana ini.

Sisanya, dihabiskan untuk ngobrol-ngobrol, cekakak-cekikik bareng si mbaknya juga. Ngobrol ngalor-ngidul, akhirnya kita tahu kalo si mbak itu rumahnya di Magelang, deket Borobudur, sekarang lagi kerja di Cicalengka sebagai guru Matematika, di tempat bimbel gitulah. Ada satu hal yang kurang ketika udah ngobrol banyak, kesana-kemari, dan kenapa sih tuh mbak-mbak nggak mau nyebutin namanya setelah sekian lama ngobrol?

Mungkin takut dipelet,, atau namanya digunakan untuk hal yang tidak bertanggung jawab, dipakai menjadi nama alay di profil facebook misalnya.

Tenang aja padahal, gak ada satu orangpun di antara kita yang bisa melet cewek. Ya, kalo gue sama si Ucup bisa melet cewek, mungkin gak akan jomblo kali mbak!

Sisa waktu lainnya, habis untuk merem-melek, ngeliatin si mbak yang tidurnya mangap tapi masih ajah kelihatan cantik. Eh, bukan gue doang yang merhatiin si mbaknya, ucup juga!

Si Ucup sok-sokan ngebaca buku di gerbong kereta, diem-diem matanya ngelirik ke si mbak juga. Selama matanya tidak berkedip, maka tidak akan berdosa, ujarnya.

Sementara Gue dan Ucup sibuk diem-diem merhatiin si mbak yang lagi konsen banget dalam tidurnya, si Andes sama Ica udah mimpi entah udah nyasar di mimpi sebelah mana.

Sabtu, 30 Maret 2013, Pukul 06.00 Sampai di Stasiun Tugu Yogyakarta!!

Ini kita lagi beruntung banget, kereta Kahuripan yang biasanya gak berhenti di St. Tugu, tapi langsung bablas ajah ke St. Lempuyangan. Pagi ini malah berhenti di St. Tugu. Gak mau buang waktu dan jarak, kita turun ajah disini, biar lebih deket ke Malioboro. Meninggalkan si Mbak yang pelit nama itu di kursi sendirian, karena dia bilangnya mau turun di Lempuyangan sadjah.. selamat tinggal mbak, sampe ketemu pas pulang.. :’)

Tujuan pertama kita adalah toilet, yup, gue sukses buang air kecil yang pertama kali di kota Yogyakarta. Ini penting dan perlu diabadikan.

Selesai buang air kecil, cuci muka, mandi (bagi yang melaksanakan), dandan, dan sudah yakin bahwa penampilan kita sudah oke, kita langsung caow ke Jalan Malioboro buat nyari sarapan.

Kita sempet photo-photo dikit di area stasiun, lihat lihat lihat: 

kata orang, sesuatu yg mantap itu harus ditunjukkan dengan jempol.
karena hari sangat mantap, makanya gue acungin dua jempol!
 
photo ini disponsori oleh susu sapi rasa cokelat yang dibawa Andes.
susu sapinya mantap!

ini photo pas keluar stasiun Tugu. Kita langsung disapa sama sunshine Yogyakarta

thanks to mbak baik hati yang bersedia ngebantu kita buat ngambil photo ini,
semoga kelak bisa ketemu lagi, dan tukeran nomor telepon. aamiin..

bukan, ini bukan lagi casting iklan pasti gigi!



Mmmm... Udah keburu malem, ceritanya udahan dulu yaa.. Tunggu besok, ceritanya bersambung yaa.. sampai jumpa di -PART2- !! :)


Thankyouuu Bro.. Bro...

Dadaahh..





Baca Juga yang Ini

0 komentar