15 Jam di YOGYAKARTA –PART2–

Ekhem.. Kemarin udah keburu ngantuk gue, buat nulis cerita, padahal jari masih semanget banget buat ngetik.. Salam dari gembel k...

Salam dari gembel keren yang lagi jalan-jalan di Yogyakarta..
Hehehe..

Siang ini rencananya Gue mau ngelanjutin cerita gak jelas selama ngegembel bareng tiga orang yang sama gak jelasnya dengan film dalem CD bajakan yang udah lama gak ditonton.

Okeeyy.. Here We Gooo..!

Sabtu, 30 Maret 2013, Pukul 06.30 Sarapan di Malioboro

Keluar dari Stasiun Tugu, kita langsung menuju ke arah kiri jalan menuju Jl. Malioboro (ke arah timur kalo gak salah, soalnya terang banget mataharinya ada di depan kita. Percis kayak artis yang lagi shooting buat video clip grup band di tempat yang sangat gelap, dan Cuma disorot sama lampu dengan cahaya yang kurang ajar terangnya. Mungkin cukup buat ngeramin telur ayam hanya dengan waktu tiga hari. Halah Sudahlah lupakan).

Pasti pada tahu kalo warga Yogyakarta itu terkenal dengan sifatnya yang ramah, murah senyum, sopan santun, pokoknya sifatnya bersahabat banget lah.. dan ternyata itu bener guys!

Sedari keluar St. Tugu ke arah Malioboro kita sudah disambut dengan senyum-senyum warga Yogya yang sangat-sangat bersahabat, pake acara nyapa dan basa-basi nanyain mau kemana? Terus ngajakin buat kita berangkat bareng ajah, diantar sama dia.. Iya, dianter naik becak, ojek, dan andong (kereta kuda). Ya, warga Yogyakarta memang ramah-ramah dan murah senyum dan sangat bersahabat..

ternyata si ucup sadar kamera juga.. -_-

Mendekati Jl. Malioboro, ada aksara Jawa di tengah jalan, dan sumpah Gue terpesona, itu sangat-sangat artistic dan bernilai seni tinggi, pasti orang yang membuatnya menggunakan hati yang tulus (ngomong apa sih gue?). Itu sebuah hiasan di tengah jalan yang sangat keren bro, dan pastinya tidak meninggalkan kebudayaannya sendiri. Gue sangat menyukai aksara jawa itu, mata gue sampe gak berkedip lima detik. Ya walau sebenernya lebih menyukai cewek single berwajah feminim, manis, dengan rambut panjang, dan sorot mata yang tenang, tapi sanggup membuat gue panas dingin. Apasih. Udahlah..

Nyebrang ke jalan Malioboro, ternyata banyak orang yang ngantri untuk foto-foto dibawah plang jalan kotak berwarna hijau yang bertuliskan:

“JL. MALIOBORO”

Gila, sampe segitunya. Plang nama jalan ajah berubah menjadi artis yang dimintai foto bareng sampe ngantri, sayangnya doi gak bisa dimintai tanda tangan. Dan gak mau nyapa balik saat gue say hi, sombong!

Pagi itu, Malioboro belum begitu ‘ramai’. Hanya jalan beberapa meter, kita sudah dapet tempat makan di warung gudeg diatas roda pinggir jalan. Orang-orang keren yang udah berulang kali ke Yogya memanggilnya dengan sebutan “angkringan”.

Ini adalah sarapan pertama gue di Yogyakarta, ini penting dan harus diabadikan! #sikap

Waktu itu entah kebetulan, atau takdir Tuhan, ada dua orang wanita yang jika berderet terlihat membentuk angka “10”. Mereka habis jogging sepertinya, lalu istirahat duduk di bangku yang ada tepat di depan angkringan gue (maksudnya “tongkrongan gue”).

Lempar kamera, jepret-jepret diterima.

Karena warga Yogya yang terkenal ramah, Guepun minta tolong ke mbak “1” untuk mengambil foto kita yang lagi sarapan. Senyuman terkeren yang gue berikan ternyata ampuh, diapun bersedia. Gue bahagia.

Eh, ternyata dia bersedia memberikan kameranya pada si “0” untuk mengambil photo kita. Gue kecewa.

Padahal si mbak “1” cukup manis untuk gue pasang photonya sebagai wallpaper di hape gue. Tadinya, kalo si mbak “1” yang motion gue, gue bakalan balas budi dengan cara ngasihin nomor telepon gue, dan motoin dia balik. Tapi, karena si mbak “0” yang motion gue, gue pun berbalas budi dengan, ngasih senyuman balik.

dengan terbitnya foto ini, semoga ada acara wisata kuliner di tv-tv
yang ngajakin kita jadi Host nya.
ekspresi kita sudah sangat alami dan cukup memikat begini.

Matur nuwun Mbak “10” udah mau motoin, walau photonya agak gelap, tapi gak apalah. sampe ketemu lagi. Jangan lupa follow-follow an di twitter sama Gue yaa kalo ketemu lagi atau kita belajar bersama buat ngambil photo yang bagus.. :)

*****

Kita makan nasi dengan telur yang ditusuk-tusuk dan sate keong (kalo gak salah) plus gorengan, ini cuman ngabisin Rp. 20.000,- untuk empat orang. Sarapan di Yogya bener-bener bersahabat untuk perut dan dompet.

Di depan tempat makan kita, ada kuda dan keretanya (andong). Ada bapak-bapak supirnya juga yang pake pakean khas Jawa. Serasa jadi supir pribadi pas jaman kerajaan dulu yaa..

kendaraan yang sudah terlupakan di kota, tapi sangat dihormati disini

Ini andong sampe bisa masuk dan kelayapan di jalan raya. Bahkan sepeda motor dan mobil juga harus ngalah sama andong dan becak loh katanya kalo di jalan raya. Emang keren abis Yogyakarta!

*****

Selesai sarapan kita langsung menuju halte bis Trans Yogya, gak jauh dari tempat kita makan.
Kita langsung caow ke CANDI PRAMBANAN meeeennn!!!

Pukul 07.10an – Berangkat ke Candi Prambanan!!

Kita gak mau kalah sama anak TK yang harus baris dulu sebelum masuk ke kelas. Kali ini kita Baris buat masuk ke halte tempat berentinya bis Trans Yogya. Pagi itu masih belum begitu ramai, kita menyapa mbak-mbak penjaga halte untuk meminta nomor hapenya. Eh, bukan, untuk menanyakan bis Trans Yogya yang ke Prambanan.

Si mbak menjawab dengan senyum manisnya dan memberikan ID twitternya, eh, bukan.. dia ngasih tiket bis trans Yogya hanya dengan harga Rp. 3000,- . Haduh, salah fokus gue gara-gara disenyumin mulu.

Kita naik bis dengan nomor “1A” menuju Prambanan, sesuai instruksi mbak tadi.
Blush kita masuk ke dalam bis, dan dapet tempat duduk yang mantap nyamannya, ini waktunya tiduran bentar di bis Trans Yogya.

You know what, guys? Ini adalah ketiduran di bis yang pertama kali di kota Yogyakarta. Ini penting dan harus gue abadikan! #sikap #tetep

Ada mungkin 30 menitan. Akhirnya kita sampai di halte “Prambanan”.

Seperti biasa, kita diserang dengan senyuman tukang ojek dan becak yang tebar pesona, sepertinya baru saja lulus casting iklan gigi palsu. Beliau-beliau menawarkan jasa angkutannya, motor dan becaknya juga ikut ngasih senyuman ke arah kita biar kita mau menaiki mereka. Bapak-bapak disana bilang jarak dari halte ke Candi-nya memakan jarak 1.5 km. Bila ditempuh dengan jalan kaki, bisa mengakibatkan pelebaran diameter betis kaki.

Karena kita berniat ke Yogyakarta untuk “jalan-jalan”, maka kita putuskan untuk jalan kaki ke Candi. Motor dan becak yang dari nyengir-nyengir langsung manyun. Maafkan kita tor, cak.

Hidup itu adalah perjuangan tanpa henti-henti, tanpa harus dikeluhi..

Itupun yang berlaku di hari ini, di bawah matahari Yogya yang ngotot manasin kita dari atas tanpa diskon potongan awan secuilpun, kita terus berjalan kaki.

Dan tahu? ternyata kita cuman makan waktu 15 menitan loh buat nyampe ke gerbang depan, dekat tempat parkir kendaraan bermotor di Candi Prambanan. Kita bengong.

Di Yogya, 1.5km itu ternyata sangat dekat sekali yah?

lihat Andes, kata gue juga apa.. kalem banget tuh anak..

duduruduuu~

Masuk ke area loket tempat tiket Candi Prambanan. Ada sebuah batu peresmian Taman Wisata Candi Prambanan yang ditandatangani langsung oleh Presiden Indonesia saat itu, Bapak Soeharto.

Kitapun memutuskan untuk foto-foto disana, untuk sekedar mengabadikan tandatangan Pak Harto. (alesan)

eng-ing-eng.. inilah kita :

Setelah photo di depan monumen peresmian tempat wisata Candi Prambanan tadi. kita melakukan doa bersama, agar pihak Candi Prambanan tidak tertarik menjadikan kita patung selamat datang.

Disini, kita beli tiket paket wisata “Candi Prambanan – Candi Ratu Boko” harganya Rp. 45.000,- ini udah termasuk transportasi dari area C. Prambanan ke C. Ratu Boko, bulak-balik.

Kalo misal ke C. Prambanan ajah, harga tiketnya cuman Rp. 30.000,- mending sekalian ke C. Ratu Boko, deh Bro. kenapa? Viewnya gak akan ngebuat kalian nyesel dah pokoknya..

tiket masuk Candi Prambanan - Ratu Boko

Kita dianter naik mobil ke area C. Ratu Boko, jauh juga jaraknya, sekitar 3km. Sepanjang perjalanan menuju C. Ratu Boko, kita disajikan pemandangan yang alami banget. sawah dimana-mana, pohon bejejeran, bukit-bukit kehijauan sepanjang mata. Kerenlah pokoknya, ademm.. lebih adem dari cuci mata di mall atau nonton Cherrybelle jogged-joged unyu pas manggung.

Mobil yang kita tunggangi ini ternyata sampe naik ke bukit juga, karena C. Ratu Boko ternyata ada di atas bukit, bro. Lumayanlah kalo Lu memilih untuk jalan kaki kesana, sangat cukup untuk merubah betis lu segede betisnya Wayne Rooney.

RATU BOKO!!!

Akhirnya kita sampai di RATU BOKO, turun dari mobil, kita dapet satu air mineral botol 250 mL dan disambut dengan pemakaian samping di pintu masuk Candi. Serasa tamu istimewa. Sayangnya terasa kurang karena gak ada mbak-mbak ayu Yogyakarta yang melakukan tarian penyambutan gitu.

Pose unyu pertama sebelum masuk area Candi.

Panas disini kebangetan. Memakai jaket adalah pilihan kostum yang sangat salah untuk jalan-jalan di area Candi. Sumpah, baru beberapa menit aja, keringet udah ngadain balapan liar di sepanjang kulit!

Pake lotion anti sinar UV juga gak ngaruh, mending pake sun block dah sekalian. Beneran!

*ngeluarin tripod* banyak view bagus yang sayang banget untuk dilewatkan.. lebih tepatnya, sayang banget kalo gue gak nyuri kesempatan untuk jadi model dadakan hari ini. Ini pertama kalinya gue keringetan di Candi Ratu Boko, ini penting dan harus diabadikan! :) #tetep

Siap bro! Kontrol Muka! Kita akan tertangkap kamera dalam hitungan sepuluh detik!

keren kan? boyband lewat!!

Naik ke area atas Candi, ternyata viewnya gak kalah keren juga.. ini diaaaa…

ini ucup main lompat aja belum dapet aba-aba

aahhh.. lompat gagal.. :(

Itu pose lompat yang gagal ..

Selanjutnya kita malah ketagihan buat loncat-loncat. Itung-itung olahraga sambil jalan-jalan. Hihihi..

Andes  : Pose berlari di udara.
Ucup   : Pose nakut-nakutin kucing yang nyuri ikan asin di udara.

Ini gue sama si Ucup udah keren gini posenya, tapi si Andesnya kurang siap. Jadi ajah gagal.. sesuai permintaan foto ini gak akan gue upload tenang aja ndes..

Setelah mencoba lagi tanpa lelah, tanpa kata menyerah.. akhirnya kita berhasil..

Trio pendekar nyasar..
Andes : Jurus bango terbang promosi pasta gigi.
Gue : Jurus pendekar ngajak berantem pas kebelet boker.
Ucup : Jurus auman Tukul Arwana, eh.. auman harimau terbang.

Setelah lompat-lompat, suer ini lebih capek dari nongkrong depan laptop sambil megangin joy stick, terus teriak-teriak ngasih semangat ke Shinji Kagawa yang lagi ngos-ngosan bawa bola.

hhahaha.. but it's worth, bro. Sungguh.
Gue jadi mikir, akan indah rasanya, jika kelak, ternyata gue mendapatkan jodoh secara tidak sengaja. Saat lagi travelling gini karena jalan buru-buru malah nubruk mbak-mbak yang lagi bikin video dokumentasi pribadi gitu. Terus kamera si mbak-nya jatuh. terus gue buru-buru bantu ngambilin kameranya si mbak, terus tangan kita gak sengaja saling sentuh, mata kita saling bertemu.. dan adegan di ftv pun terjadi..
Khayal gue pun melayang.. seiring pandangan si mbaknya yang mempesona.. jantung gue deg-degan..

There is love in live journey, the beautiful pure light of love shines brighter from here..

dan si mbak pun mengatakan sesuatu..
"Mas, gantiin kamera saya rusak.."