#EtceteraTour2013 - Santolo Beach

Helloo.. hampir lupa gue mau nulis tentang liburan gue sama teman-teman pas tanggal 16-18 Agustus 2013 kemaren ke pantai Santolo yang ...



Helloo.. hampir lupa gue mau nulis tentang liburan gue sama teman-teman pas tanggal 16-18 Agustus 2013 kemaren ke pantai Santolo yang ada di Garut Selatan.

Gimana Liburannya? Pemandangannya gimana? Seru gak? Dapet cewek baru gak disana??

Pertanyaan diatas gue jawab dengan jawaban yang saama : GILA, GOKIL, SERU, MANTAP!!
Tapi sorry yaa pertanyaan yang terakhir gak kebaca..

Ehem.. kali ini ijinkanlah gue untuk menceritakan sedikit keseruan liburan ini..
Gue awali dengan memperkenalkan travelmate gue kali yaa.. ini dia :


1.       1.  Andes, Ica dan Ucup
Andes, Ica, Ucup
    
    Mereka travelmate gue pas jalan-jalan ke Yogya dulu, buat yang belum baca, bisi ngintip disini. Karena udah gue bahas disana, jadi tiga makhluk ini gue lewat gak apa-apa yaa. Lagian aib mereka sudah terlalu banyak yang gue sebar kemarin. Hehehe..


2.  Riri
riri
Ini dia travelmate yang gagal ikut waktu ke Yogya, kali ini doi ikut karena.. emmm.. bukan, bukan karena ada ucup yaa.. karena doi ingin dan emang harus ikut ajah biar seru. Kenapa seru? Karena diantara kita emang doi yang kalo ngomong suaranya paling “seru” (baca : GORDES! Silahkan buka kamus lengkap bahasa Indonesia bagi yang belum ngerti arti gordes).  Ditambah lagi liburan kali ini kita pake motor, yup, kita touring pake motor dari Bandung ke Garut, ya, gue ulangi, kita pake motor dari Bandung ke ujung selatan pulau jawa! Disinilah poin menarik buat Riri. Fyi, Riri ini adalah versi ceweknya Dani Pedrosa. Serius, doi gak bisa kalem kalo naik motor, terakhir kali gue dapet kabar, sampe-sampe speedometer motornya Riri kena serangan jantung. Stress kan?

Bagi Riri dibonceng adalah sebuah aib, serasa level kekerenannya turun drastis kalo dibonceng itu.

“Ih, Riri paling gak bisa dibonceng, suka mual,” itu kata Riri. Coba bayangkan, alergi macam apa yang bisa menyebabkan orang yang kalo dibonceng motor langsung mual, tapi kalo ngendarain sendiri dengan kecepatan yang “biasa-biasa ajah” (biasa-biasa membuat orang yang diboncengnya lebih memilih untuk terjun indah ke empang, maksudnya) itu hanya Riri lah yang mengidapnya.

Anyway, karena kali ini perjalanan cukup jauh, jadi kita maksa dia mati-matian buat mau dibonceng , ini kedengeran hiperbola sih, tapi iya emang itulah adanya.


3.  Eng.
Eng
Dia dipanggil Eng, padahal nama KTP-nya “Gilar Adi Prayatna”, langit-bumi banget, iya gak? Entah gue harus bilang apa, tapi, nama sebagus itu gitu lho kenapa di panggil Eng? Ung ajah padahal.

Eh, tapi beneran, mungkin doi ini salah satu contoh dari sistem pertemanan di Indonesia yang suka ngasih nama temennya sendiri dengan nama panggilan yang seenaknya jempol sendiri. Ini beneran, contohnya temen smp gue ada yang namanya keren, Yuki, dan lu tahu dia dipanggil apa? Ucil. Ucil saudara-saudara! Si tuyul yang katanya unyu yang dipelihara sama mbak Yul itu.

Tapi ya, semuanya kembali lagi kepada si empunya nama, selagi nama panggilan itu tidak memberatkan kepada orang yang diberi nama panggilan itu, ya gak jadi masalah. Malahan kebanyakan yang gue lihat, orang-orang yang dapet nama panggilan “spesial” ini termasuk orang yang asik, seru dan mudah buat dikenal dan mengenal orang, tidak terkecuali Eng.

Balik lagi ke Eng, Eng ini adalah teman SMK Andes, awalnya gue bakalan ngira liburan ini bakalan agak “kagok” dengan kehadiran teman baru yang belum kenal sebelumnya, dan ternyata dugaan gue itu salah besar. Eng ini anaknya pecah banget. dan rasanya gue udah mulai ngerti kenapa dia dipanggil Eng.. ehhmm…


4.  Uji
Uji
Lelaki berkacamata yang punya nama lengkap M. Fauzi Ridhwan ini temennya Andes juga, doi dateng barengan sama Eng. Kesan pertama saat ketemu Uji, lu bakalan nyangka kalo orang ini adalah orang yang pendiam, kalem gitu, dan satu jam kemudian, elu bakalan nyesel pernah bilang begitu.


Mahasiswa yang lagi menimba ilmu di North Atlantic Qatar ini jago banget dalam hal “nego”, dua tahun (kalo gak salah) di Qatar ternyata bahasa Sunda halus doi masih lancar untuk nego ke orang-orang di Garut, masalah nego penginapan hingga makan malam kepada bapak Uji dipersilahkan. Hehehe..

Oh iya, dari doi juga kita memainkan permainan kartu yang baru, namanya “Bohong”. Seriusan gak bohong, kita sampe ngakak gilak setiap main kartu ini. Ya, prinsip permainannya sih, kartu dibagiin semua sama rata ke empat orang, kemudian pemain pertama menurunkan salah satu atau dua, atau tiga kartu acak miliknya, sambil mengucapkan nomor kartunya, tentu nomor kartu yang diucapkan tadi belum tentu benar atau salah. Nomor yang diucapkan inilah yang nantinya ditebak sebagai “Bohong” oleh pemain selanjutnya, atau pemain selanjutnya juga bisa melanjutkan menurunkan kartu dengan mengucapkan nomor yang sama, tapi tentu nomor yang diucapkan dengan kartu yang diturunkan belum tentu sama. Dengan kata lain permainan ini sangat-sangat bisa melatih strategi, gertakkan, dan tentunya, kebohongan. Zzzzz…..


Okay, cukup yaa perkenalannya, inilah detik demi detik  #EtceteraTour2013 ke Santolo Beach :
Here We Go!!


Bandung – Lewo, 16 Agustus 2013

 

Gue dan Ucup posisi udah di bunderan Cibiru, tepat pukul 15.00 (kalo gak salah, maaf, maaf gak merhatiin jam tangan, secara banyak cewek yang lalu lalang di jalan dan lebih layak buat diperhatiin), padahal janjian sebenernya jam 14.00 berangkat bareng sama Andes dan Riri. Saat itu Andes ternyata masih nyervis motornya di bengkel bareng Riri, jadi berbekal GPS, gue sama Ucup memutuskan untuk duluan ke Lewo, ke rumahnya Ica. Well, plan kita malam ini ikut tidur dulu di Rumah Ica, baru besok pagi berangkat ke Santolonya.

Ngelewatin Cileunyi - Nagreg - Mulai memasuki Garut – Limbangan ke atas lagi. Dengan aba-aba dari Ica, kita berhenti di pasar Lewo, pokoknya letak pasar sebelah kiri jalan, Ica ternyata udah nunggu di SD dekat pasar tsb. Dan jam setengah limaan, dengan sukses gue dan Ucup nyiptain rekor sendiri, dengan sampe Lewo tanpa nyasar (iya wong jalannya lurus tok le’).

Empat lima menitan setelah gue dan Ucup sampe di rumah Ica, Riri dan Andes akhirnya nyampe juga.

Ngomongin tentang Lewo, ternyata disini, di loteng rumahnya Ica lebih tepatnya, ternyata pemandangannya keren juga. Emang setiap tempat selalu memiliki kejutan pemandangannya tersendiri.

Untuk #CobaCobaJepratJepret pemandangan di Lewo ini bisa ngintip disini..

Satu hal yang jadi kejutan lagi disini, yaitu, tepat saat kita sedang makan malam tiba-tiba mati lampu.. sumpah ini romantis, kita jadi ngerasa lagi candle light dinner gitu.
Ya, kalo gak ada makanan disana, mungkin lebih mirip orang-orang yang lagi ngadain ritual pengusiran setan yang menyebabkan kejombloan.

candle light dinner dadakan


Lewo – Santolo Beach, 17 Agustus 2013

Pukul 09.10 Gue, Andes, Ucup, Riri, dan Ica berangkat ke Jln. Jend. Ahmad Yani Timur, janjian untuk ketemu sama Eng dan Uji disana. Lumayan ngabisin satu kaleng moka dingin sebelum akhirnya Eng dan Uji dateng pukul 11.00, kita ngobrol ala kadarnya, dan langsung caow ke Santolo.

Formasi motornya gimana sih?

Ini penting banget dan harus dibahas ya? Okay. Formasinya gini, di paling depan ada Eng yang ngebonceng Uji, mereka bertugas sebagai leader dengan Uji yang sambil standby melototin maps di android-nya. Terus ada Ucup yang ngebonceng Riri, lalu Andes yang ngebonceng Ica, dan terakhir gue yang ngebonceng.. no one.. gue sendiri, yaa gak perlu gue jelasin juga kali yaa kenapa jok belakang motor gue kosong.
Oke, ada orang baik yang mau bantuin gue buat ngejedotin kepala gue ke tembok gak sekarang? Tolong ngantri yaa..

Selama perjalanan kita berhenti empat kali, pertama saat sholat Dzuhur sambil makan siang di Masjid Al-Rusydi II di Jln. Garut-Bayongbong, lalu, pas ban motor ucup bocor di awal-awal jalan Cikajang , saat istirahat sholat Ashar di masjid yang gue lupa namanya apa di jalan Cisompet, dan terakhir saat sudah sampai di Pamengpeuk, kita istirahat bentar di alf*mart sana..

ini foto saat kita selesai istirahat sholat dzuhur

 Yang mau gue bilang tentang perjalan kita kali ini adalah SAKIT PANTAT GOKIIIIL!!!
Dengan jalan yang gilak tikungannya itu loh, kalo bisa sih gue rencananya mau tukeran jiwa dulu sama Valentino Rossi yang lebih jago masalah tikung-menikung. Tapi sumpah pemandangan sebelah kanan-dan kiri lu yang wahh.. kebayar deh kapalan-nya pantat lu..

Ibaratnya tuh selama perjalanan elu kayak yang lagi ngerjain soal UAS Fisika yang super pusing banget, tapi disebelah kanan-kiri lu ditemenin Nabillah dan Asmirandah yang lagi mijitin elu dan ngelapin keringat lu, sambil nyanyi-nyanyi menerbangkan hati lu ke langit sampe lu lupa balik. Agak lebay sih, tapi apa sih yang jauh lebih indah dari itu, dari Nabillah dan Asmirandah <3 #gagalfokus

Oh iya, karena sebelumnya kita lihat di web, ada yang bilang dari Cikajang sampe Pamengpeuk itu gak ada yang jualan bensin, jadinya dari kota Garut kita udah isi full tank, sama bekel satu jeligen 5 liter. Ternyata dari Cikajang sampe Pamengpeuk itu ada penjual bensin eceran kok di beberapa titik. Bensin full tank dari kota garut (Jln. Jend. Ahmad Yani Timur) sampe Santolo kita masih utuh, paling yang pake motor beat habis dua setrip (setengah lah yaa ), lumayan lah buat balik kita gak perlu beli bensin lagi, karena yang di jeligen masih utuh.

Pukul 17.00 kita sampai di Santolo Beach!!
Yeah!

Kesan pertama saat tiba di gerbang masuk, gue kaget, ada beberapa orang yang berkumpul disana, dan tiga orang yang berbadan lumayan gede mendekati kita. Gue deg-degan sumpah, gue rasa datang disaat yang tepat karena takutnya lagi ada masalah, tawuran atau apalah gitu..
Dan ternyata perasaan gue selalu salah, tiga orang ini mau nagih uang tiket per-orang Rp. 5.000,-. Tapi beneran loh, cara mereka nagihnya itu loh, mbok yaa.. agak halusan gitu, ya minimal sambut para tamu dengan senyuman sambil nari jaipong gitu.

ini tiket masuknya

Begitu masuk gerbang, kita ngelewati LAPAN (Lembaga Penelitian Antariksa Nasional, Pameungpeuk Garut) sebuah markas power ranger, eh, bukan bukan, markas peluncuran roket dan segala macem tentang antariksa gitu, men. Dan selepasnya dari sana, gue saranin kalo naik motor jangan terlalu ke samping jalan, kenapa? karena banyak pasirnya, motor gue lewat samping soalnya, dan hasilnya mirip kayak orang yang kebanyakan nge-wine, nge-fly bro, tapi ke bawah.. untung gue gak jatuh, cuman selebor aja, kayak goyang ngebor.

Kita mampir ke pantai dulu buat ngejar sunset, sayang banget sunset-nya gak dapet karena awannya lagi banyak. Btw, kalo ngelihat postingan orang-orang di internet sih, Santolo Beach masih sepi, tapi mungkin berhubung sekarang libur kemerdekaan, jadinya ini pantai penuh banget.

begitu sampe kita langsung disambut sama yang beginian :)
 
Uji langsung jadi korban :D
Pantat sebenernya udah minta buru-buru nyari tukang urut (kalo bisa cewek, single, nabillah kw super) tapi dengan apa yang kita lihat sekarang, tepat di depan mata gue, di sepanjang mata kita, seakan mata menyalurkan pesan ke otak agar memerintahkan saraf-saraf di pantat untuk berhenti mengeluh, dan berpura-pura mati rasa selama satu malam dan satu hari ke depan.

Kita gak ngikutin sunset sampe akhir, karena memang udah sangat lelah, pengen buru-buru cari penginapan biar bisa istirahat. Kita dapat penginapan di Penginapan Teguh Putra, tepat masuk di jalan kecil depan Kantor Polres Air seharga Rp. 350.000,- untuk dua kamar (ini harusnya 200.000,- perkamar) dengan sayangnya kamar mandi di luar beserta mushola. Disini juga kita bisa mesen ikan, udang, cumi atau apalah itu binatang-binatang laut buat dimasak. Kita mesen ikan sama cumi setengah kilo buat makan malam, lumayanlah..

ini penginapan kita tampak samping, letak kamar kita di lantai dua
 
Yang tadi di pantai pada bilang ke penginapan mau langsung tidur, capek, malah maen kartu sambil ngemil sampe tengah malem. Yaa… namanya juga anak muda.

  
Santolo Beach - Bandung, 18 Agustus 2013

Pagi ini liburan yang sebenarnya baru saja dimulai!

Kamera? sip, dompet? sip, hape? sip, suara buat teriak? ehem.. ehem.. sip sip.. muka buat ngeceng? Skip!

Perjalanan pertama kita dengan menaiki perahu dengan membayar uang sebesar Rp. 10.000,-, buat kita nyeberang ke pulau Santolo bulak-balik, sebelumnya kita dibawa jalan-jalan dulu ke jembatan santolo terus muter-muter, awalnya kita ngira muter-muternya bakalan jauh sih eh tahunya, gak jauh-jauh amat, jadi agak sayang juga harus bayar segitu. Fyi, kalo cuma nyeberang ke pulau Santolo doang bayarnya cuman Rp. 2.000,- doang, bulak-balik jadi Rp. 4.000,-

ini dia perahu-perahu yang menunggu lu untuk menaikinya

ini muka keren kita

kalo ini, masih keren juga sih

ini sapaan ucup ke maung pas pertama kali masuk pulau Santolo

jalan-jalan

Di pulau Santolo ini kita cuman jalan-jalan, karena pantainya sand less gitu yaa.. kebanyakan karang, dan kayak tembok yang dibawahnya langsung air laut gitu lho. Lebih baik, balik lagi ajah ke pantai buat mainin ombak, daripada mainin mbak-mbak yang lewat disini kan repot, bisa digampar mas-masnya..

pemandangan ini yang kita dapatin pas mau balik ke pantai. Gilak!

Balik lagi ke pantai Santolo, rasanya belum sempurna liburan tanpa teriak-teriak.. yaa.. di pantai apa lagi yang bisa ngebuat teriak-teriak sambil keselek air laut kalo bukan naik banana-boat. Yup, dengan Rp. 200.000,- satu paket banana boat. (maksudnya satu paket itu, satu kali main yaa )

Karena kita bertujuh, dan banana-boat hanya diperbolehkan dinaiki oleh enam orang, maka satu orang menunggu di boat, dan gantian nanti saat dijatuhkan. Kita dapat jatah tiga kali di jatuhkan lho yaa..

Come on Mr. Jason Mraz play your song, the party has just started!

Baru ajah dimulai sebenarnya, dan si banana-boat ini belum kenceng juga, entah karena kurang pegangan atau memang udah gak kuat pengen buru-buru nostalgia sama ikan, Ica malah jatuh duluan, beuhh.. mulai dari sana, akal bulusnya Eng (hualah akal bulus) mengomandoi kita agar melakukan “perlawanan”. Perlawanan ini tuh maksudnya, ketika banana-boat miring ke kanan, kita kompak miring ke kiri, dan sebaliknya, ini sih biar lebih lama jatuhnya. Curang dikit sih, tapi gak apalah..

Alhasil kita jatuh dua kali dan udah ajah. Iya udah, dua kali ajah, entah karena Ica yang jatuh pertama kali itu dianggap satu, atau mungkin kita terlalu lama gak jatuh-jatuh, atau pada saat kita mau dijatuhkan yang ke tiga kali tidak berhasil, atau karena gue kentut pas jatuh yang ke dua, atau gara-gara Nabillah kerasukan gitu terus suka sama gue? Gak tahu juga deh..

Yang jelas ini udah seru banget! dan kalo Elu menggunakan banana-boat ini sebagai sarana agar elu bisa teriak-teriak selama main, itu salah besar bro! karena, sumpah saat lu teriak, mulut lu mangap, dan pas banget lu jatuh, gue kasih tahu yaa.. air laut itu asinnya kebangetan, jadi jangan sok-sok-an mangap-mangap gak jelas gitu deh.

Puas dengan banana-boat (ini sebenernya lebih puas keselek air lautnya sih daripada main banana-boat nya), kita langsung menuju pantai yang agak ke ujung barat pantai, nyari tempat yang agak sepian biar aman nyimpen barang selagi kita main sama ombak.

Kita nyewa seluncuran, biar lebih seru main ombaknya, satunya Rp. 10.000,- , saat itu kita nyewa tiga buat gantian bareng-bareng.

Saat itu, masih jam 09.20 deh kalo gak salah, ombaknya masih satu sampai satu setengah meteran lah, belum begitu tinggi. Fyi ajah, ombaknya makin siang makin tinggi, kabarnya sih bisa dua sampe tiga meter-an. Jadi kalo siang-siang mainan ombak, sama ajah kayak mainin masa kontrak lu di bumi dengan Tuhan lu.
ucapkan hello ke ombak!

Riri dan Ica yang katanya posisi duduknya udah "epos"

Ini Anduk, Uji dan Eng yang lagi becandaan sama ombak

yoohoooo!!! itu riri mukanya ketutup.. zzz...

Puas becanda-becandaan sama ombak, merasa akrab banget sama alam, sama ombak dan lautnya, ngedengerin celotehan ombak, celotehan angin pantainya, kita duduk-duduk di pantai, ngubur Ucup dan Andes, terus ngelitikin Andes yang ternyata geli-an sampe doi mau nangis, karena dikubur sampe leher dan gak bisa berbuat apa-apa. hahaha.. terimakasih Tuhan, bahagia itu memang sesederhana ini.

ngakak gue waktu ngefoto yang ini

ini ucup yang girang banget bisa foto bareng riri, eh

Pukul 11.00, ombak semakin besar, semakin lelah juga kita, ya, takut keburu kelelahan di jalan, kita putuskan buat balik ke penginapan, mandi, sholat, makan siang dan balik ke Bandung. Gak kerasa banget udah harus balik lagi..

dapat "oleh-oleh" dari Santolo

Inilah mengapa, lagi-dan-lagi, suatu hal yang istimewa itu selalu saja cepat berlalu. Seperti baru saja tadi, kita sampai di Santolo, menggenggam pasirnya, mendengar ucapan selamat datang dari ombaknya, lalu kita di jalan pulang, saling menyapa di kemacetan Garut lewat klakson, mampir beli oleh-oleh di toko samping jalan yang si Mbaknya susah banget ngasih potongan harga, terus bela-belain mampir Cibiuk Resto Garut buat makan malam sekaligus istirahat, karena tahu jalanan macet dan konon sampe Cileunyi macetnya. Dan jangan lupain juga obrolan tentang kurma yang sebenernya kalo masak di pohon itu warnanya kuning, dan kebanyakan yang udah beredar disini itu, berbahan pengawet.

#EtceteraTour2013 ke Santolo Beach ini, satu momen terkeren gue dan kita di tahun 2013. Thanks for this superb awesome  holiday!  Can’t wait for next trip.. touring again? Who knows.. :P

Thanks for reading.. for more photos click here..
And see also, the video of us, below..



See You Friend!! :)



Baca Juga yang Ini

0 komentar