Senyuman Kamu untuk Siapa, Nona?

     “Kenapa harus Aku? Emang apa sih istimewanya aku dibanding yang lain? Aku lihat kamu fine- fine ajah waktu deket sama yang...



  

 “Kenapa harus Aku? Emang apa sih istimewanya aku dibanding yang lain? Aku lihat kamu fine-fine ajah waktu deket sama yang lain. Aku gak pernah ngerasa seistimewa yang kamu bilang,”

Tukinem masih diam di pojok kamarnya sambil memegangi tisu. Ini adalah tisu ke sembilan belas yang sudah dia pakai untuk menyeka air matanya yang terus keluar. Kata-kata dari Sukarjo sore tadi masih berputar terus di kepalanya, sama seperti lagu Setia Band yang selalu dia putar “repeat the current song” di handphone Nokia yang sudah empat puluh tiga kali dijadikan ganjelan pintu kamarnya.

Tukinem masih tak percaya, Sukarjo akan mengatakan hal itu. Apa yang salah? Tukinem hanya menyampaikan perasaannya, rasanya sudah tak tahan lagi untuk menahan semua beban perasaannya selama ini. Sudah terlalu menumpuk, terlalu takut jika perlahan perasaannya akan tercecer dan hilang disertai hilangnya kehadiran Sukarjo dari harinya.

Tukinem hanya ingin sebuah kepastian, kepastian dari sebuah perhatian yang sewindu ini telah Sukarjo berikan padanya. Sapaan Sukarjo setiap Tukinem memulai harinya, ucapan semangat setiap Tukinem menjalankan aktivitasnya, hingga sapaan manis pengiring tidur Tukinem yang telah sukses membuat hati Tukinem berevolusi menjadi kebun delapan belas hektar yang dipenuhi bunga warna-warni dengan kupu-kupu indah yang menari diiringi lagu India dari handphone-nya.


Beberapa hari belakangan ini lagu India di handphone Tukinem terkena virus dan tidak bisa diputar lagi. Kupu-kupu dan bunga-bunga di kebun hati Tukinem layu sudah. Tak ada lagi tarian, langka sudah perhatian. Sukarjo, pria yang sudah berkeliaran di kepala dan hatinya ini harus segera memberikan kepastian. Tukinem membulatkan tekadnya untuk mengungkapkan perasaannya hari ini. 

“Kenapa kamu ngomong gitu, Jo? Aku pikir kamu sayang sama aku?” Otak tukinem memutar ulang adegan dua jam lalu. Saat perasaannya menguap membentuk awan jenuh dan menjatuhkan rintikan hujan di sudut matanya. 

“Kamu gak ngerti, Nem. Aku belum nemuin keistimewaan dalam diri aku, kayak yang kamu bilang barusan,” 

“Ini gila, kurang jelas apa lagi? Kamu emang istimewa buat Aku Jo, Istimewa banget!” Tukinem teriak-teriak sendiri di kamarnya. Semakin wajah Sukarjo hadir di kepalanya, semakin kalimat demi kalimat yang diucapkan Sukarjo tadi meluber di lorong-lorong telinganya.

“Dulu Aku yakin kalo Aku seistimewa itu di hati kamu. Lewat sikap kamu, ucapan kamu, cara kamu balas sms aku, cara kamu nge-PING aku di BBM, intonasi dan nada suaramu waktu jawab telepon aku. Aku yakin, aku sangat yakin kamu udah jadiin aku orang yang sangat istimewa di hati kamu. Tapi..” suara Sukarjo bermain-main lagi di telinganya, lengkap dengan tatapan mata Sukarjo yang membuat hati Tukinem teriris, perih lukanya masih terasa hingga saat ini.

“Tapi? TAPI APA??”

“Tapi beberapa hari belakangan ini aku sadar satu hal..”

“SADAR APA, JO? sadar apaa??” hati Tukinem yang teriris mengantarkan lidahnya untuk bersuara lebih kencang.

“Aku sadar.. Ternyata Aku gak pernah seistimewa itu di hati kamu,”

Pernah mengiris-iris jantung dengan silet yang sudah karatan? Tukinem merasakannya saat itu, walaupun dia belum pernah mencoba menyilet-nyilet jantungnya sendiri, tapi kurang lebih perih di hatinya seperti itu.

“Kenapa Jo? Kenapa kamu bisa ngomong gitu?” Tukinem tak sanggup lagi menahan sungai kecil yang berhasil menerobos tanggul di matanya.

Sukarjo tak menjawab apapun. Cukup baginya, Sukarjo tidak ingin lagi membuat pipi bulat Tukinem dibasahi oleh air mata lebih dari ini.

“Jawab Jo!” Tukinem semakin terisak, “Aku gak pernah nangis di depan cowok kayak gini. Kamu cowok pertama yang aku tangisin Jo. Kamu berengsek pertama yang sukses ngebikin aku mempermalukan diri aku sendiri kayak gini, Jo.” Lengan sweater rajut warna hijau muda yang dipakai Tukinem, berubah menjadi kain pel khusus matanya.

“Nem.. Gimana bisa aku ngerasa istimewa buat kamu, kalo kamu juga gak pernah nunjukin hal istimewa buat aku?”

“Kamu istimewa buat aku! Aku selalu ngelakuin hal istimewa buat kamu. Aku ketawa bareng kamu, aku habisin waktu aku sama kamu, aku teleponin kamu, aku smsin kamu, aku sayang kamu, Jo.. Teramat sayang..”

“Enggak.. Enggak Nem. Kamu masih bisa ketawa tanpa aku. Kamu habisin waktu kamu juga gak selalu sama aku. Aku gak yakin sama semua itu. Aku tahu dari cara kamu ketawa saat bersama cowok lain, itu sama kayak cara kamu ketawa sama aku. Kamu habisin waktu sama cowok lain. Telepon, sms? Aku tahu kamu pun ngelakuin itu sama cowok lain. Bahkan kamu deket pun, gak hanya sama aku, tapi sama cowok lain juga. Aku gak ngerasa seistimewa apa yang udah kamu bilang. Aku tahu semua yang kamu lakuin. Aku ngerasa sama ajah kayak cowok-cowok lain yang deket sama kamu, Nem. Gak ada bedanya,”

“Tapi Aku cuma sayang kamu, Jo,” Air mata Tukinem semakin deras. Jantungnya, entahlah, rasanya mati sudah, detaknya tak lagi terasa, atau lebih tepatnya Tukinem tak lagi peduli jantungnya masih berdetak atau tidak malam itu.

“Gimana bisa Aku yakin kamu sayang sama Aku, kalo kamu memperlakukan aku sama kayak kamu memperlakukan cowok lain, Nem. Bahkan Aku..” suara Sukarjo bergetar, ada getaran hebat di dadanya hingga menyesakkan, “Bahkan Aku gak yakin ‘Senyuman Kamu untuk Aku’.. Nem, Aku gak tahu  ‘senyuman’ kamu sebenernya untuk siapa?”

*****


Udah udah cukup dulu ceritanya, gak kuat gue..

Hahaha..
 
Ehem, friendzone.. kali ini gue lagi pengen ngomongin hal ini. Kayak kasus yang terjadi pada Tukinem dan Sukarjo barusan. Agak nyesek emang rasanya, kalo misalkan kita punya rasa atau bahkan udah terlanjur suka sama seseorang, tapi pas ngungkapin, orang itu malah gak ngerasa yakin sama kita. Bahkan makin jleb lagi kalo kayak si Sukarjo tadi. Sukarjo bahkan udah sempet suka sama Tukinem tapi belakangan perasaan itu tiba-tiba hilang karena dia lihat Tukinem pun melakukan hal yang sama pada cowok lain. Bahkan fine bisa tetep ketawa sama cowok lain, dan caranya ketawa sama kayak cara dia ketawa untuk Sukarjo. Akrabnya Tukinem ke Sukarjo gak ada bedanya sama akrabnya Tukinem ke cowok lain. Dengan kata lain, mungkin si Sukarjo ini takut ngerasa kalo dirinya terlalu kepedean, makanya dia langsung jaga jarak dan ngurungin niatnya.

Ya, yang bisa Gue sampein disini sih, pada dasarnya sifat cowok sama cewek itu sama loh. Kalo emang ngerasa dibutuhin, cowok dan cewek ini sama-sama pengen diperhatiin, sama-sama pengen dapat perhatian lebih dan perlakuan lebih, yang bener-bener membedakan posisi dirinya dengan orang lain di hati orang yang dia suka. Bahkan seorang cowok atau cewek itu seneng banget direpotin sama orang yang dia suka, karena dengan begitu artinya kehadirannya dirasakan penting dan sangat dibutuhin. (Ini hasil survay gue dengan beberapa narasumber loh.. serius.. :P )

Terus apanya sih sebenernya yang salah? Sikapnya Tukinem salah? Apa sikap Sukarjo yang tiba-tiba ngilang dan nggak ngasih kepastian itu salah besar?

Let see..

Dua orang, baik itu cewek atau cowok apalagi kalo dua-duanya udah saling ngerasa tertarik (gue bilang ‘tertarik’ bukan ‘suka’ atau ‘sayang’ disini, karena ini baru permulaan munculnya sebuah perasaan) akan saling mengamati diam-diam, dan mulai saling menyemburui. Atau lebaynya, ‘mengagumi dari jauh, mengenal lebih jauh’.

Ini adalah tahap saat si cewek ataupun si cowok mulai meyakini diri untuk maju ke level berikutnya atau cabut sejauh-jauhnya. Diem-diem si cewek ataupun si cowok akan beralih profresi menjadi detektif sekaligus peramal amatir. Serius. Si cewek ataupun si cowok ini akan saling mencurigai orang yang dekat dengan orang yang ditaksirnya, bahkan gak akan ragu—ragu lagi buat nyari tahu tentang orang itu, sambil harap—harap cemas kalo cewek atau cowok ini sebenernya tertarik apa enggak ke orang yang lagi deket itu. Pada tahap ini, tingkat ke-sotoy-an mereka akan  naik berpuluh kali-lipat.

Kalo pada kisah Tukinem dan Sukarjo di atas, si Sukarjo sudah menjadi detektif diem-diem sampe akhirnya memutuskan untuk cabut jauh-jauh karena tingkat ke-sotoy-an yang dimilikinya sudah melewati batas, sampe ngira kalo Tukinem juga suka sama cowok-cowok yang lagi deket sama dia. Makanya Sukarjo ngerasa gak perlu ngasih kepastian ke Tukinem, karena di matanya semuanya udah pasti. Selama ini, sikap Tukinem ke Sukarjo ternyata gak ada bedanya dengan sikap Tukinem ke cowok lain. Jadi, wajar kalo Sukarjo ngerasa posisi dia di hati Tukinem gak berbeda dengan posisi cowok lain di hati Tukinem. Gak ada istimewa-istimewanya. Walaupun ternyata dugaannya itu salah. Tukinem ternyata cuma suka sama dia.

Tapi gak lantas nyalahin Sukarjo gitu ajah. Dilihat dari sisi lain, menurut gue si Tukinem ini juga salah. Dia suka banget sama Sukarjo, tapi kenapa malah ngelayanin cowok lain juga. Mbok ya kalo emang beneran sukanya sama Sukarjo doank yaa fokus ajah sama Sukarjo, yang lainnya agak dikasih jarak.

Tapi kan cuma temenan? 

Iya emang temenan, siapa yang bilang harus musuhan. Tapi ya, bisa lahh ngebedain sikap antara orang yang lu suka sama yang gak lu suka. Dengan melakukan hal atau sikap yang sama (atau okelah hampir sama), ke dua orang atau lebih itu, sama kayak ngasih harapan ke orang-orang itu. Yaa.. dalam kisah ini, si Sukarjo jadi bingung juga akhirnya, sebenernya siapa sih yang si Tukinem itu suka? Dia apa cowok lain? Akhirnya si Sukarjo milih untuk ngalah dan cabut, karena ngerasa Tukinem lebih suka sama cowok lain.


Jadi.. Sebenernya Senyuman Kamu untuk Siapa, Nona?



Baca Juga yang Ini

0 komentar