Gunung Galunggung di hari Pertama Tahun 2015

Jalan-jalan emang gak ada bosennya, makanya gue beberapa kali buat plan trip di tahun 2014 kemaren, tapi gak kesampean. Gue pengen ...

Jalan-jalan emang gak ada bosennya, makanya gue beberapa kali buat plan trip di tahun 2014 kemaren, tapi gak kesampean. Gue pengen main ke Singapur terus selfie bareng patung singa salah gaul yang mancurin air dari mulutnya, pengen numpang pipis di Denpasar, pengen juga numpang ketiduran di Lombok, atau sekedar numpang jemur cucian di pulau Derawan. Dan Aaahhhh.. masih banyak lagi tempat yang pengen gue numpang lewatin tapi belum kesampean. 

Gue sih berbaik sangka sama Tuhan, Tuhan belum juga ngizinin gue pergi sana-sini saat ini, biar gue bisa fokus cari travelmate yang seru dulu, apalagi kalo travelmate-nya bisa jadi partner-life juga. Hehehe..

Ehem..

By the way,, happy new year for you all bro-bro.. :)
Semoga tahun ini menjadi tahun kita. Apapun yang kalian inginkan semoga tercapai yaa..
Aamiin..

Beruntung sekali rasanya pergantian tahun kali ini jatuh di hari kejepit, hari Kamis. Libur panjang.. bablas sampe Minggu, bahagia memang sesederhana ini. Tapi, sayang banget kalo liburan empat hari tanpa jalan-jalan kemana gitu, yaa.. liburan panjang tanpa ada plan buat long trip itu memang cikal bakal terciptanya kecewa di detik-detik akhir liburan.

Seperti gue sekarang ini, sedikit panik karena gue pun gak punya plan apapun untuk liburan ini. Saat ini gue gak bisa ngambil waktu liburan seenak kemarin-kemarin, karena selain tugas kuliah yang sedang banyak-banyaknya, terkadang, gak jarang gue juga harus batalin jadwal trip saat tiba-tiba ada overtime kerjaan. Jadi, gue gak pernah bikin plan apapun soal liburan.

“Liat nanti deh, gue putusin H-1 nya. Takut ada apa-apa,” ini adalah jawaban rutin gue setiap kali diajakin trip sama anak-anak. Saking seringnya bilang kayak gini, sering terlintas di kepala gue untuk save kalimat barusan sebagai template text message.

Kuya banget emang, setiap liburan gue harus liat kondisi gue dulu, gue serasa digantung oleh keadaan. Bukan lagi tentang hati, tapi keselnya hampir sama kayak status yang digantungin cewek pas lagi demen-demennya.

Akibatnya, gue gak bisa ngebuat plan buat long trip, dan pada akhirnya gue cuma bisa main di tempat yang deket-deket Bandung. Yaa.. mungkin belum diijinin buat ngegembel ke luar kota lagi lah.. terimo sajo..

***

Malam tahun baru, saat orang-orang sibuk nyiapin arang, ayam, ikan, jagung, bahkan barang-barang peninggalan mantan beserta kenangannya buat dibakar. Gue sibuk ngehubungin temen buat bikin plan trip besok. Yap, hanya berbekal persiapan satu malam, akhirnya gue dan 4 orang teman cuss ke Galunggung, Tasikmalaya.

Is it a must to make a plan for a great trip? The answer is not always ‘yes’
Percaya, terkadang perjalanan yang dilakukan tanpa perencanaan terlebih dahulu akan jauh lebih menyenangkan daripada yang sudah direncanakan. Kenapa? karena akan selalu terjadi kejadian-kejadian yang tak terduga, dan bikin perjalanan jauh lebih bermakna.

Sebelumnya, izinkan gue untuk memperkenalkan 4 travelmate gue kali ini, here they are :
1.   Andes & Ica


Buat yang sering mantengin blog gue, pasti udah pada tahu tentang mereka. Mereka udah sepaket, udah pernah gue bahas waktu jalan-jalan ke Yogya sama Santolo. Gak ada yang banyak berubah dari Andes dan Ica. Malah makin lengket, makin kompak lewat obrolannya tentang photography dengan kameranya yang mereka pegang masing-masing. Seru ngeliat mereka yang lagi ngobrolin tentang photography, ngedebatin view dan angle saat pengambilan foto, berantem cuma gara-gara difoto pas muka gak 'kobe', saling komen hasil jepretannya, saling bantu megangin tas kamera, dan makin sukses ngebuat gue makin ngebet buat cari cewek yang suka traveling dan photography juga, tapi gak kunjung dapet. Damn..

2.   Mail

Ini Muka Mail yang Paling Kobe. Sumpah.

Mail ini temen kampus gue, tadinya gue mau berangkat ke Galunggung cuma berdua dengan Mail. Tapi, kemudian gue maksa Andes yang sebelumnya udah pernah ke galunggung buat ikut juga, setelah tiba-tiba gue mikirin ini:

a.   Mail sama-sama jomblo kayak gue. Gue gak mau pas nyampe Galunggung, di sekitar gue penuh sama orang-orang berpasangan yang lagi ngeliatin kawah Galunggung sambil sender-senderan mesra. Sedang gue sama Mail? Apa kabar kalo saking pengennya mesra-mesraan juga, gue langsung khilaf sender-senderan sama Mail?
b.   Badan Mail itu 'agak' besar. Sedang tujuan kita adalah Gunung Galunggung, yaaa.. namanya juga gunung, jalannya pasti ke atas. Nah kalo Mail tiba-tiba gak kuat. Hmmm.. gak kebayang kalo gue harus angkat Mail sepanjang jalan. Hahaha.. gak deng, fyi walau badannya gede, Mail ini hobby hiking juga, dia sering tracking di Burangrang dan Puntang. Tapi herannya, badannya masih aja gede di bagian perut. Pengeluaran masih lebih kecil dari Pemasukan.
c.   Gue dan Mail belum pernah pergi ke Galunggung, apa kabar kalo misal nyasar di jalan, terus nanyain jalan ke orang di pinggir jalan, malah ditunjukin arah ke rumah om-om yang doyan nyulik abg unyu buat dijadiin penari erotis? (eh, 20 tahun masih termasuk abg juga gak sih? Bentar-bentar.. mail nari erotis??)

3.    Bang Suy

Bang Suy on Frame

Bang Suy ini temen kampus gue juga sama kayak Mail,  nama aslinya Suryana, kenapa gue manggil dia bang Suy? Simple, karena gue ingin. (tapi alasan yang sebenernya sihh biar gue terlihat lebih muda. Ha ha ha..) Bang Suy ini orang paling kalem di antara kita, paling dewasa. Paling belakangan datang juga karena telat bangun, jadi kita tinggalin. Eh.. tapi gue curiga bang suy ini punya jurus teleportation-nya Minato, karena tiba-tiba kita bisa ketemu dia di Nagreg padahal berangkat paling belakangan, buseet..

***
Bunderan Cibiru, 07.00

Gue clingak-clinguk bareng Mail di bunderan Cibiru, harapan kita sama, semoga ada mbak-mbak yang datang terus peka ngasih teh hangat dengan selembar senyuman manis di wajahnya. Pasti bukan hanya kata ‘terimakasih’ yang akan gue kasih untuk dia, tapi gue akan menyertakan nomor handphone beserta pin bbm gue sebagai bonus. Betul, ini hari pertama di tahun 2015, dan ternyata otak gue masih belum beres.

Sekitar dua puluh menitan kita nunggu, akhirnya Andes dan Ica datang, oke ngaret, tapi gak apalah, gue dan Mail udah biasa menunggu kok, jangankan 20 menit, nunggu perubahan status bertahun-tahun juga sanggup. #Ehem #IniCurhatanMail #IniBukanCurhatanCahyo #PrayForMail2015 #MailGakJombloLagi2015 :P

Pukul 07.30, berangkat dengan formasi Andes ngebonceng Ica paling depan karena tahu jalan, kemudian ada gue di tengah yang gak ngeboceng siapa-siapa karena tas gue gede jadi jok belakang penuh, kasian kalo harus ngebonceng #alesan. Di paling belakang ada Mail, gak perlu dikasih tahu lagi lah ya dia ngebonceng apa enggak? Sedangkan Bang Suy nyusul di belakang, rencananya kita akan nunggu Bang Suy di rest area Limbangan. 

Kecepatan 40-80 km/ jam, ternyata harus mandeg di kawasan Nagreg. Macet cuy. Gak disangka disini kita ketemu dengan Bang Suy, seperti yang udah gue bahas di intro, beneran punya teleportation no jutsu ni orang kayaknya, tapi baguslah jadi gak perlu nunggu-nunggu.

Lepas dari Nagreg, jalanan lancar, teramat lancar malahan. Sekitar pukul 10.30-an kita sampai di kawasan Galunggung, lagi-lagi kita stuck karena ternyata jalanan menuju gerbang Gunung Galunggung sangat penuh. Gue gak nyangka ternyata warga sekitar Tasikmalaya pun banyak yang berdatangan, mungkin karena libur panjang, atau mereka tahu gue bakalan datang ke sana, jadi pada pengen ketemu gue, who knows. :P 

Banyaknya motor yang nyerobot ke arah samping kanan jalan semakin membuat jalan bagi mobil dan motor yang hendak turun (keluar dari kawasan Galunggung) ini menjadi tertutup. Ini kebiasaan buruk dari pengguna motor Indonesia yang gak sabaran, sampe ngebelain ngambil jalur kanan, niat mau cepet malah jadi penyebab macet dan nyusahin semua orang yang di belakangnya. Yaa.. dari hal sekecil ini sih gue saranin jangan gembar-gembor ngehujat para pemimpin rakyat yang korup dulu deh, kalo masalah jalan saja, elu masih suka ngambil jalan orang. Korup juga loh itu.

Bermacet-macetan 30-45 menitan, akhirnya kita sampai juga di gerbang Gunung Galunggung.
Di gerbang Gunung Galunggung ini, kita langsung disambut sama 3 bapak-bapak, 1 kurus, 2 berkumis badannya agak berisi dari bapak yang pertama tadi, mungkin istri mereka baik banget jadi badannya gak sekurus bapak yang pertama, atau mungkin karena faktor kumis juga kali ya? Malah dibahas -___-

Udahlah, tiga bapak-bapak tadi menjaga tiga pintu masuk yang cuma dikasih sekat-sekat pagar kecil gitu supaya antrian tidak berfokus ke satu barusan saja.

Disini entah ada perlakuan khusus apa gimana, gue sama Mail bayar tiket di bapak pertama cuman Rp. 5000,- , Bang Suy bayar tiket di bapak ke dua bayar Rp. 6000,-, Andes & Ica juga bayarnya di bapak kedua, tapi gue gak nanya Andes sama Ica bayar berapa? Kita gak dikasih tiket masuknya, jadi gak bisa tahu biaya tiket masuk yang sebenarnya berapa?

Dari gerbang masuk kita langsung ciaou lurus ke atas, lumayan lah ketinggiannya, ngebuat motor harus oper gigi 2 bahkan gue sempet pake 1, tapi cuma bentar langsung sampai. Di atas sudah ada gerbang baru untuk masuk ke kaki gunung Galunggung, dan harus bayar tiket parkir motor Rp. 2000,- , sedangkan mobil Rp. 5000,-. Entah emang sengaja di-set kayak gini apa enggak, pas mau parkir ada tukang parkir lagi yang ngatur motor kita, feeling gue sih bakalan bayar parkir lagi nih ke si abang pas pulang nanti.

Gue lihat jam tangan, sekarang pukul 11.35. Shit, macet di jalan sebelum masuk gerbang awal ternyata makan waktu banget. Kita putuskan untuk duduk-duduk dulu di warung depan mushola, sekalian ngantri toilet untuk buang air kecil dan cuci muka.

ini view pertama yang kita dapetin di depan warung :thumb

***

Setelah Dzuhur, kita naik ke atas. 

Sebenernya ada tangga yang udah dibuat oleh pengelola gunung Galunggung sana, tapi kita milih untuk jalan lewat jalanan yang berpasir, letaknya tepat di sebelah mushola. Kenapa kita gak lewat tangga? Karena kita ingin merasakan sensasi hiking-nya walau tidak begitu tinggi, lagian kayaknya view-nya lebih asik lewat sini, dan tentunya gak harus ngantri, desek-desekan bareng ketek-ketek orang yang udah basah karena kecapean di jalan. Lewat jalan pasir ini, murni kita desek-desekan sama ketek-ketek rerumputan dan pohon-pohon yang menyegarkan. 

Oh iya, kalo ngomongin tentang jaraknya, jauhan mana sama naik tangga? Sama aja sih jaraknya, malahan lewat jalanan pasir ini, jalannya lebih landai, cuma nanjak di awal saja. Fyi,  konon jumlah anak tangganya ada 620, itu yang tertera di tulisan yang gue baca sih, jumlah aslinya ada berapa? Entahlah, hanya Tuhan dan bapak-bapak kontraktor tangganya yang tahu pasti.


Selama perjalanan, kita dikasih bonus oleh Tuhan beberapa kali, tahan landai, pemandangan yang super keren, dan udara yang sejuknya udah gak usah ditanyain lagi. Beberapa kali kita berhenti untuk sekedar foto-foto sambil istirahat. Mungkin bisa dibayangkan, gimana jadinya pasir yang hitam gelap, dipadukan dengan hijau rerumputan dan pohon-pohonon, hijau badan gunung disebelah kanan jalan yang puncaknya tertutup oleh kawah (entahlah ini awan apa kabut ya?) dan beberapa ilalang yang asli bikin mata gak pernah jenuh untuk melihat kanan-kiri terus. Yaaa.. sama kayak wajahnya Devi Kinal Putri deh, gak pernah bosenin buat dilihat. Adem.

inilah kita

gak perlu tanya, gue lagi ngapain jongkok di belakang rumput?

tampak belakang memang selalu keren

Sampai di atas…

Kita langsung disambut dengan rangka gubuk tak beratap, dan kawah hijau yang luas di bawah sana. Saat kita putar badan ke belakang, waw.. ternyata kita sudah ada di puncak gunung Galunggung, view di bawahnya keren ada kota Tasikmalaya tampak atas. Jika dibandingkan, disini hampir sama dengan puncak Burangrang, hanya saja di Galunggung ini sudut pandangnya jauh lebih luas. Keren lah pokoknya, gue sempet foto disini tapi diceng-cengin sama Ibu-ibu yang lagi istirahat di gubuk, akhirnya gue minta ditemenin Mail, Andes, Bang Suy dan Ica buat foto bareng. Hehehe..




 


 Sebentar kemudian, kita turun ke bawah, jalannya setapak, tapi banyak batu yang sangat kuat untuk jadi pijakan, jadi jangan takut kepeleset, yaaa asalkan sol sepatunya gak pelontos saja.

Ternyata di bawah sini, eh.. belum bawah kawah sih, ini masih di pertengahan jalan, masih harus ke bawah lagi kalo mau ke kawahnya, deket kok. Di pertengahan jalan ini ada warung yang jual mie, minuman, dan cemilan yang lumayan juga buat ganjel perut. Kita duduk-duduk dulu disini, memandangi kawah dari atas. Keren banget sumpah. Kawah ini keliatan hijau dari atas, dan letaknya ada di tengah-tengah gunung, membuat kita serasa ada di dalam perut gunung (atau memang sedang ada di perut gunung ya?). Disekeliling kita penuh dengan badan-badan gunung yang hijau, dan sumpah kerennya gak ketulungan.

ini kita lagi istirahat di warung
Ngobrol ngaler ngidul, gue bahkan gak sadar, kalo gue ternyata udah lama gak jalan-jalan bareng Andes, Ica dan anak-anak #Etcetera, rindu juga rasanya. Sedikit curhat disini, di tempat dengan pemandangan yang super indah ini, lebih baik elu jangan terlalu banyak ngobrol apapun, terutama soal hati. Kenapa? Karena pemandangan yang indah akan membuat hati lu terasa nyaman. Apa yang kalian pendem soal hati, akan sangat mudah untuk terungkapkan secara tak sengaja. Entahlah, mungkin ini the power of beautiful nature place, enggak cuma disini, dimana pun selagi pemandangannya keren, dan hati lu terasa nyaman, pasti perasaan lu akan lebih mudah untuk diungkapkan. Jadi, buat elu yang merasa mendem rahasia yang gak pengen orang tahu, jangan pernah coba buat nyinggung hal yang lu rahasiain atau bisa bocor, tapi kalo elu punya unek-unek yang pengen lu ungkapin, ini adalah tempat yang tepat untuk mengungkapkannya. 

Mungkin ini rahasia Tuhan dan alamnya juga kali ya. makanya sekarang gue ngerti, kenapa banyak orang yang nembak cewek dan jadian di tempat-tempat yang indah kayak gini.

Sebelum gue keenakan ngobrol sampe kejauhan, kita ciaou ke bawah..

Cuma butuh waktu sekitar 5 menitan mungkin, mata gue gak berkedip. Indah banget. entah gue harus berapa kali bilang indah di postingan kali ini, karena sumpah gue bersyukur akhirnya bisa dateng ke sini. Ini adalah tempat yang udah gue impikan untuk gue datengin dari dulu, Alhamdulillah di hari pertama tahun 2015 ini, mimpi gue terkabul.

Pada ilalang, walaupun gak luas, ada di sebelah kanan gue. Hamparan kawah di depan mata gue. Awalnya gue kira akan bau belerang, ternyata tidak. Dan kalian tahu? Air kawahnya yang dari atas terlihat hijau, ternyata bening, sangat bening sekali. 
Apa yang kita lakukan disini? Yaa gak perlu gue jelasin, cukup foto di bawah ini yang menjelaskan.. :D


ini kita saat sampai di bawah kawah



Di padang ilalangnya, sehari ini, gue rekrut Ica buat jadi model gue. aseekk.. haha




Gimana Ica? Not bad lah yyaa..

Sayangnya di kawah ini turun hujan, jadi kita gak sempet jalan-jalan ke dalam lagi, apalagi ke masjid yang ada di pelosok kawahnya. Kita sempet ngobrol dikit sama Ibu yang empunya warung, kenapa masjid letaknya lebih ke dalam dan posisinya tinggi? Karena dulu, di kawah ini sering banjir, bahkan tingginya bisa sampe ke bukit sana, sampe berbekas garis-garisnya, katanya. (Ibu warung menunjuk ke arah salah satu bukit). Gue mah main iya-iya aja, padahal gak ngeh garis-garis bekas banjir yang dimaksud tuh yang mana? Parah gue.

Puas lihat-lihat.. kita naik ke atas lagi.. kalo tadi berangkatnya kita lewat jalan berpasir, sekarang kita coba lewat tangga. Jalan dari atas kawah, ke arah tangga lewat punggung gunung Galunggung ini bikin ketagihan. Sebelah kiri ada yang pacaran view Tasikmalaya dari atas, sebelah kanan ada yang saling tukeran nomor handphone view kawah dari atas. Gue sengaja lewat tengah jalan biar gak ngiler liat yang pacaran bisa liat view kanan-kiri sekaligus.

Oke, mari kita nurunin tangga.. 


Bener kan kata gue barusan pas naik? Lewat tangga ini kita akan desek-desekan sama ketek orang. Damn..

Gue sengaja memperlambat langkah kaki gue, sambil celingak-celinguk ke kanan-kiri, mungkin orang yang ngeliat ke gue bakalan ngira,

“Wah, si mas itu lagi mengagumi alam dan kekuasaan Tuhan. Masya Allah sekali..”

Kenyataannya, dalem hati gue bilang, “Buset sih kang, deodorant-nya abis ya? Cepetan napa jalannya, saya udah pelan-pelanin nih jalannya biar bisa jauh, kok akang malah ikutan pelan-pelan jalannya T.T ?”

***

Menuju tempat parkir, yang gue takutkan di awal terjadi. Kita harus bayar parkir lagi masnyaaaa, mbaknyaaa. Rp. 2000,- lagi buat parkir. Yaudaahhh..

Kita langsung ciaou pulang. oh iya, kita sempet mampir beli mie ayam bakso dulu di luar kawasan Galunggung. Gue lupa nama tempat baksonya apa? pokoknya pas pas keluar kawasan Galunggung dah, belum ke jalan raya, tempatnya dicat warna putih. Dan rasa mie ayam dan bakso beeuuhh.. mantaapp.. Mail sama bang Suy sampe nambah. Gue pengen nambah juga, sayangnya udah keburu kenyang. Ditambah dengan harganya yang cuma Rp. 7000,- untuk satu porsi mie ayam + bakso, sedangkan mie bakso doang Rp. 6000,-, murah banget cuy..

Oh iya, ngomongin tentang murah ini, gara-gara ngedenger Andes bilang murah (mungkin), si Mang tukang bakso-nya, langsung ngerevisi harganya. Ini seriusan. Andes yang bayar belakangan jadi bayar mie bakso-nya seharga Rp. 10.000,- . Heran? Apalagi Andes.

Anggap saja ini pelajaran, kelak, kalo ada suatu harga yang murah sebisa mungkin jangan bahagia apalagi ngungkapin kebahagiaannya tepat pas masih berada di depan mang bakso. karena....

Seenak-enaknya bakso yang Elu makan, akan naik juga harga harganya kalo elu bilang kemurahan di depan si mangnya. #qouteoftheday
Karena hujan juga, jadi kita diem juga sekitar 45 menitan di sini, lama nunggu hujan tetep gede gak reda juga, akhirnya kita putuskan untuk nerobos hujan dan balik ke Bandung.

Gue lihat jam tangan gue, pukul 16.00 kurang lebih, kita ciaou.. banyak berhenti untuk sholat Ashar dan ngisi bensin. Memasuki jalan raya Tasikmalaya-Garut, karena hujan besar, jalanan udah gelap. Sempat gue mikir kita udah kemaleman di jalan, padahal pas ngeliat jam baru saja jam 18.15.

Gue gak nyangka jalanan menuju Bandung bakalan padet, ditambah sama bus-bus, terutama Bus B*u*diman (maafin, gue gak bakat dalam hal nyensor nama) kampret yang gak mau ngalah. Yang hampir bikin motor gue nguji body hardness sama Livina. Ya, semoga supirnya segera sadar, kalo di rumah masih ada Isteri dan Anak yang menunggunya “Ini diilhami dari tulisan belakang truk gandeng”.

Setelah kejadian yang sempet ngebuat gue stuck di tengah jalan, dan diapit oleh bis B*u*diman kampret di sebelah kiri dan Livina gila di sebelah kanan itu, kita putuskan untuk mampir masjid dulu, buat sholat Maghrib dan nenangin hati.

Offer all, perjalanan aman, Cuma gelap saja sih, jadi gak bisa bedain mana lubang sama jalan. Main hajar sudah biasa. Satu doa yang selalu gue ucap sepanjang jalan adalah, semoga pelek motor gue baik-baik saja, dan semoga kamu sadar kalo aku mulai suka sama kamu. Hahaha Gak nyambung.. Ha Ha Ha biar lah.. heem.. -___-

Pukul 21.00 percis gue sampe rumah dengan aman, Alhamdulillah..
Di akhir ini, gue pengen ngucapin terimakasih buat teman-teman yang mau nemenin gue main ke Galunggung kemarin, kepada Ismail, Suryana, Moh Andes Bayu, dan Marissa Agustina kalian luar biasa! Tetep menyenangkan, dan semoga ada kesempatan untuk kita trekking lagi! Aamiin ya rabbal aalamiin..

Thank you juga buat teman-teman yang sudah menyempatkan waktunya untuk membaca postingan gue. kalian keren!

Untuk photo lainnya silahkan cek di blog #CobaJepratJepret :)

Baca Juga yang Ini

1 komentar