Terimakasih...

Hari ini, hari Sabtu tanggal 22 Desember 2012, entah dapet ilham apa, akhirnya Gue berhasil bangun pagi. Sebuah prestasi yang sang...


Hari ini, hari Sabtu tanggal 22 Desember 2012, entah dapet ilham apa, akhirnya Gue berhasil bangun pagi. Sebuah prestasi yang sangat membanggakan bagi Gue, karena akhirnya gue bisa bangun jam setengah lima pagi, lebih cepat 2.55 detik dari kokokan ayam jantan. Sumpah, Gue sampe terharu melihat perubahan pada diri gue, yaa.. walaupun cuma sehari doank bangun paginya tapi tak apalah..

(Ya, hari ini gue emang punya niat buat balik ke Bandung, makanya alarm di handphone gue pasang berderet dari jam 3-5. Ternyata cukup ampuh untuk membangunkan tidur gue jam setengah lima)


Okeh, Skip..
Dengan naik angkot merah gue berangkat ke halte di daerah Jababeka buat nyari bis.. seperti biasa selama di perjalanan hape gue gak pernah gue lepas dari tangan, update everytime, twitter-an everywhere, playing music everyplace..

Saat gue merasa nggak ada temen buat ngobrol, hape gue emang temen paling setia yang selalu mau gue genggam tulus tanpa marah saat gak ada cewek yang  mau gue genggam..#tsaahh



Hari ini ada sesuatu yang bener-bener nyita perhatian gue..

Entah gue yang ngerasa jadi anak yang gak tahu diri apa emang orang lain udah berubah jadi seorang anak yang sholeh-sholehah dan baik hati.
Gue ngeliat twitter, hampir semua orang Menuhin TL dengan ucapan Terimakasih ke Ibunya, dan ucapan sayang dan cintanya mereka ke Ibu mereka..

Setelah mantengin TL beberapa lama, gue baru ngeh, kalo ternyata hari ini adalah Hari Ibu!
Wow, gue ngerasa sebagai anak yang gagal dan gak update karena Hari Ibu ajah gak tahu..
Mungkin ada banyak orang juga yang gak tahu kalo hari ini adalah Hari Ibu tapi koar-koar di twitter biar dibilang tahu.. iya kan? :P

Gue cuman ngedoa ajah semoga gue gak kemasuk ke dalam golongan orang-orang yang di haramkan untuk masuk Surga, hanya karena gak tahu dan (atau) telat tahu bahwa tanggal 22 Desember adalah Hari Ibu.

Andaikan memang orang seperti gue jadi orang yang diharamkan masuk Surga gara-gara itu alangkah ruginya gue..

*****

Selama perjalanan gue mikirin itu. Haruskah Gue ikut-ikutan ngeposting tentang Ucapan Hari Ibu di Facebook dan Twitter buat dikira sebagai anak yang berbakti dan nurut ke Ibu.. atau gue harus diem-diem ajah ngeposting atau ngetweet seperti biasanya.. datar-datar ajah, tapi, Gue takut orang-orang ngiranya gue adalah anak yang gak berbakti dan nurut ke orang tua..

Kurang lebih jam sepuluh kurang, akhirnya gue sampe rumah, ketemu sama Bapak – Mama dengan senyum tulus alami mereka yang ngebuat gue gak bisa berkata-kata. Mau segimana rindunya, mau seribet apapun kata-kata yang sebelumnya gue susun buat ngungkapin kerinduan Gue kepada mereka, mendadak kata-kata yang sebelumnya gue susun itu buyar, senyuman mereka jauh lebih indah dari kata-kata yang ribet banget yang udah gue bikin.

Kata-kata indah yang pernah dibuat untuk ngungkapin rasa rindu itu menjadi kerdil, berasa gak indah lagi, berasa gak ada ajah kata-kata yang lebih indah dari senyuman mereka..

Satu kali senyumanpun, rasa rindu gue langsung terobati..

Senyuman mereka adalah obat yang manjur buat rasa rindu, begitupun sering kali jadi penyebab munculnya penyakit rindu rumah.

Ya, dan sekarang gue sedang dalam tahap mengobati penyakit rindu gue ini, dan sedang mempersiapkan bekal sebanyak-banyaknya untuk menghadapi penyakit rindu rumah kelak ketika gue balik ke tempat gawe..

Seperti biasanya gue balik ke Bandung dengan berbagai planning tentang apa yang bakalan gue lakuin disini, ngerencanain buat kumpul sama temen-temen lah, atau ngopi-ngopi ngegosipin tentang kehidupan gue dan temen-temen gue di masa depanlah.. walau biasanya pas kumpul malah ngobrolin hal-hal yang gak penting, mulai dari ngobrolin temen gue yang selalu galau karena setiap bangun pagi gak ada satu ucapan "Selamat Pagi" pun yang nyasar ke akun whatsapp-nya, sampe nebak-nebak nomor hape yang dipake sama si mbak pelayanlah.. tapi yang lagi jadi hotline obrolan kita adalah, tentang temen gue yang akhirnya bisa pake paket layanan Blackberry full service..

Dan seperti biasa juga, rencana gue gak jadi..

Gue gak jadi kumpul sama mereka..
Akhirnya seharian ini diem di rumah, nemenin Mama masak sambil nyeritain tentang harga cabe yang mahal, air jet pump di rumah yang belakangan ini lagi baik banget karena ngasih air yang banyak dan bersih banget, atau ngomongin pakde warung yang bilang mulu pengen ngenalin gue sama anak bapak Lurah yang katanya cantik (Belakangan ini gue sadar kalo Pakde cuman becanda dan cuman niat buat ngebully gue, bahkan kemaren Pakde warung ini bilang gue biar nikah cepet-cepet takut keburu kiamat -_______- ), atau ngomongin tentang gue yang kalo bisa jangan pacaran dulu (kali ini gue ngelihat sosok seorang Ibu yang takut kehilangan perhatian dari anak bungsunya kalo ditinggal pacaran. tenang ajah Mam, kalo Iyo punya pacar juga, Mama tetep nomor satu kok, :* ) dan banyak unek-unek Mama yang akhirnya terungkapkan juga di hari ini

Itulah seorang Ibu, disaat anaknya sudah besar, bahkan jauh dari jangkauan mata beliau.. diam-diam Ibu selalu merindukan kehadiran anaknya yang dulu. Kangen sosok anaknya yang masih kecil..

Sadar gak pas gue dan (mungkin) elu juga pas masih kecil, kalo pengen beli jajan di warung, minta uang ke Mama, ngerengek banget, maksa banget minta uangnya, gak bakalan berhenti ngerengek sampe beneran dapet uang buat jajan, bahkan sampe nangis juga mintanya, bawel dan cengeng bangetlah pokoknya..

Pas mulai masuk sekolah, tiap hari disiapin makanan buat sarapan, sering dibungkusin nasi goreng plus telur goreng buat bekel di bawa sekolah.

Terus sering di anter jemput.. kita pamitan sekolah sambil nyium tangan Mama, dan pas sampe sekolah, kita seneng banget pas pipi kita dicium sama Mama di depan pintu kelas sebelum Mama pulang lagi ke rumah..

Itu masa-masa yang indah banget..

Hampir setiap waktu kita dihabiskan untuk ngobrol dan berduaan sama Mama, dari mulai ngomongin anak yang nakal banget di kelas yang sering ngegangguin kita lah.. sampe ngomongin temen cewek di kelas yang cantik banget ke Mama..
Sebawel, secerewetnya, dan seenggak ramenya topik pembicaraan kita saat itu, Mama setia banget buat ngedengerin celotehan kita itu sampe habis, dan pasti Mama tersenyum sampe gak jarang Beliau ketawa.

Sekarang beda banget yaa?

Gue dan mungkin elu juga sering ngerasa ribet saat disuruh ngebawa nasi bekel yang udah dibungkusin Mama buat dibawa ke tempat kerja, walaupun niat kita baik, kita gak mau Mama repot-repot ngurusin kita, karena kita udah gede, bisa ngurus ini-itu sendiri..

Gue dan mungkin elu juga sering nolak kalo dicium pipinya saat mau kuliah. Selalu ajah bilang,
“Mam, Aku udah Gede,”

Sekarang kita udah mulai berpikir kritis, mulai ngobrolin hal-hal yang jadi permasalah orang dewasa, dan lebih tertarik untuk ngobrolin topik-topik dewasa yang membosankan, nggak lagi bawel, cerewet, bicara asal jeplak lagi kayak dulu..
Kita terlalu sibuk sama tugas dan kerjaan.. hampir jarang banget ngobrol bareng Mama.. atau mungkin gak akan ngobrol kalau Mama gak nanya duluan..

Sangat-sangat berbeda, dulu dan sekarang, saat masih anak kecil dan udah ngerasa gede..

Terlalu banyak masa yang terlewat dan berubah segitu cepatnya..
Apakah elu kangen masa-masa anak kecil?

Sekangen-kengennya elu sama masa-masa saat elu masih kecil, Ibu lah sosok yang lebih kangen saat itu, karena di saat elu masih kecil, saat itulah elu lebih terbuka, lebih banyak ngobrol, lebih perhatian dan lebih banyak ngabisin waktu lu sama Ibu.

Tapi sekarang?

Sekarang elu udah sok gede, sok mandiri, sok bisa hidup sendiri, dan dengan nransferin sekian ratus atau juta perbulan buat Ibu lu, lu udah ngerasa sok dengan itu, ngerasa udah hidup WAH dan bisa ngebahagiain Ibu dengan itu!

Selalu ada jawaban yang sama dan selalu elu ulang disaat ada pertanyaan tentang orang tua lu:

“MEMBAHAGIAKAN ORANG TUA!”

Mungkin dengan ngasih sekian rupiah tiap bulan ke orang tua itu udah ngebuat mereka "terlihat" bahagia..
Apa kabar dengan temen-temen yang belum bisa nransferin rupiah ke Ibunya, apa mereka belum bisa membahagiakan Ibu??

Menurut Gue kebahagiaan itu bukan tentang materi, kebahagian emang gak selalu diukur dengan materi..
Gue juga belum tahu apa sebenernya yang bisa ngebuat mereka bahagia, tapi dengan balik ke rumah, gue selalu melihat senyum mereka yang tulus. Mereka bahagia!

Ya, mungkin itu salah satu cara buat ngebuat mereka bahagia..Ada di samping mereka, walau gak setiap waktu ada disana, tapi selalu menyediakan waktu buat mereka..

Sadar mungkin sosok Ibu yang sebenernya sangat kehilangan masa-masa kecil kita..

Kita emang gak bisa balik lagi ke masa kecil, tapi kita mungkin bisa mengadopsi masa kecil kita di waktu sekarang..

Sekarang saatnya memberi senyuman termanis dan tertulus di setiap sarapan pagi yang beliau buat, kasih ciuman manis lu buat Ibu lu tiap mau pergi kuliah (pacar ajah sering lu cium, masa nyokap sendiri gak lu cium?)

Sekarang saatnya elu mendengarkan celotehan Ibu Bapak lu..
Elu udah gede kan? Sekarang giliran kita buat mendengarkan cerewetan dan kebawelan mereka dengan nasehat-nasehat yang bener-bener ngeboseninnya. Tapi kalau elu dengerin baik-baik, ada benernya juga nasehat mereka, dan emang berbobot banget setiap nasehatnya..
Jangan sampe elu nyesel ajah sih kalo kelak elu nggak bisa lagi ngedengerin cerewet dan bawelnya mereka..

Gue nyampein pesan ini dari temen gue, dari dia yang ngiri ke Gue yang selalu dapet omelan Mama, disaat sekarang gak ada lagi sosok yang sama yang ngomelin dia saat salah..

Ya, selagi masih ada sosok istimewa yang selalu menyambut kita dengan senyum dan menyelipkan nama kita di setiap sujudnya saat malam, kenapa kita gak mensyukuri itu dan sering menjenguk senyumnya?

Biasanya permasalahan kita untuk pulang itu ada dibiaya transportasi atau mungkin jarak..
Mmm.. kalo dalam keyakinan Gue sih, setiap hal kebaikan itu adalah ibadah di hadapan Tuhan, itupun jika dijalani dengan ikhlas.. dan pasti selalu di beri dan dipermudahkan jalannya oleh Tuhan.. Percaya deh..

Dalam hal biaya transportasi ini misalnya, jangan takut kehabisan uang. Uang kita kan di pakai untuk pulang, ngejenguk Mama dan Bapak, melihat senyum mereka, senyum itu tanda bahagiakan? Berarti kita sedang membahagiakan orang tua, kita sedang melakukan suatu kebaikan..
Kalo lu percaya, Tuhan pasti akan segera menggantikan uang yang udah dipakai tadi..
Uang yang diluangkan buat shadaqah ajah diganti dengan 700 kali lipat, apalagi yang dipakai untuk mencapai kebahagiaan orang tua lu..

Ayoo pulang jemput senyuman mereka.. dengan bawa martabak manis doang senyuman mereka bahkan 700 kali lipat jauh sangat manis..

Kalo emang posisi elu sekarang jauh di luar pulau atau di luar negeri,, sering-sering telepon Mama, cerita tentang hari-hari lu, sampe terdengar suara tawa Beliau yang bangga dengan anaknya, dan bahagia mendengar suara anaknya yang hangat, menandakan elu sehat, dan selalu merindukan Beliau..

Mungkin Mama emang gak ngerti kalo diajak ngobrol tentang pertambangan, pengolahan limbah, program K3, peralatan dan perakitan listrik dan elektronik atau laporan perpajakan, tapi Beliau selalu bisa menjadi pendengar yang baik dan nggak keberatan buat nengedengerin cerita elu yang super membosankan itu, sampe gak ada lagi kata-kata yang keluar dari mulut lu saking elu kehabisan cerita, dan terlalu puas cerita.. :)


*****

Bro, sekarang bencana banjir lagi ngetrend dimana-mana..
Saatnya elu apresiasikan rasa sayang elu ke Mama lewat tindakan, jangan cuma koar-koar di twitter atau facebook doang.. Buat yang kebanjiran, bantu Mamanya beres-beres, ngepel, ngejemurin kasur yang basah kena banjir.. jangan malah update twitpict doang.. :P

Sayang banget kalo Elu ngucapin terimakasih kepada Ibu cuma di hari Ibu doank..
Maksudnya, selama elu dilahirkan sampe sekarang, cuma bilang terimakasih satu kali dalam setahun..

Bro, rasanya mendingan elu gak tahu hari Ibu tapi selalu bilang terimakasih dan nunjukin rasa sayang ke Ibu disetiap saat,  daripada tahu Hari Ibu, malah ngebuat elu cuma ngefokusin bilang terimakasih di tanggal 22 Desember doank..



Baca Juga yang Ini

0 komentar