Patah Hati

Setiap pagi ku menunggu di depan pintu Siapkan senyum terbaikku agar cerah harimu Cukup bagiku melihatmu tersenyum manis Di setiap ...



Setiap pagi ku menunggu di depan pintu
Siapkan senyum terbaikku agar cerah harimu
Cukup bagiku melihatmu tersenyum manis
Di setiap pagimu, siangmu, malammu


Tahu kan kalo kutipan di atas gue ambil dari lagunya Tulus? Kelewatan kalo lu masih nanyain Tulus itu nama orang apa jenis perasaan yang udah lu pendem lama, tapi malah disia-siain sama dia? Buat yang masih ngira Tulus itu perasaan yang selalu berakhir nyakitin, insyaff.. insyaaff,  coba buka youtube terus searching “Tulus”, banyak banget lagu-lagunya yang menurut gue keren.

Salah satunya, lagu Sewindu ini. Ini lagu Tulus di album pertamanya yang pertama kali gue denger. Emang awalnya gak begitu suka karena kalo didengerin sekilas nadanya jazz mellow gitu. Kalo kata orang kebanyakan, lu bakalan suka sama salah satu lagu sampe diputer berulang kalo lirik lagu tersebut sama dengan apa yang baru terjadi atau apa yang malahan baru aja lu rasain saat ini. kata orang…

Ya… entah setan apa yang singgah di hati gue, yang kemudian nyebabin lagu ini muter di playlist media player laptop gue. Ya, Setan! Seriusan gue,..

Walau Tulus sekarang udah ngeluarin single sama album barunya, lagu ini tetep jadi lagu yang terus gue puterin berulang di telinga gue. Sampe gue hapal liriknya yang setan banget nyentuhnya, dan ikutan nyanyi setiap ngedengerin lagu ini. Setan emang!
Apalagi waktu masuk ke bagian ini...

Sesaat dia datang pesona bagai pangeran
Dan beri kau harapan bualan cinta di masa depan
Dan kau lupakan aku semua usahaku
Semua pagi kita, semua malam kita



Gue yakin saat lu ngedengerin lagu ini sendirian, lu bakalan teriak-teriak di bagian ini, sambil nunjuk-nunjuk laptop yang layarnya lagi nunjukin photo orang yang entah siapa gue juga gak tahu.. iya kan??
Hah? Enggak?
Seriusan??
Oh, yaudahlah.. oke okee.. fine.. gue doang nih berarti? Setan emang..

Oke.. oke.. balik lagi ke lagunya Tulus..
Ini adalah bagian reff-nya, bagian paling “klimaks” dari lagu ini.. liriknya kayak gini..

Oh … tak akan lagi ku menunggumu di depan pintu
Dan tak ada lagi tutur manis merayumu…


Kenapa gue bilang bagian ini adalah bagian paling “klimaks”??
Karena gue rasa ini adalah inti dari lagunya.. bagian paling nendangnya, bagian paling dalem dan bagian pesan inti yang ingin Tulus sampaikan.. Emang gue perhatiin, setiap kali Tulus nyanyi pas bagian reff-nya ini, Tulus keliatan paling menghayati banget.. Ingin rasanya pas ngeliat Tulus konser nyanyiin lagu Sewindu ini, gue langsung naik panggung, ngehentiin Tulus yang lagi nyanyi sangat mengahayati. Gue lihat matanya dalem-dalem, mata kita bertemu, terus gue genggam tangan kanannya, gue elus pundaknya pelan, sambil gue bakal bilang..

“I know that feel, bro,”

source : Zedge

Yaa.. I knew it.. sakit yaa pasti.. lewat ngedengerin lagu doang, suara seorang vokalis biasanya bisa membawa si pendengar ke dalam pesan lagu yang ingin disampaikannya. Dan kali ini Tulus udah berhasil banget..

Ehem.. halloo apa kabar teman? Gue baru ngeh ini tahun 2014 udah mau udahan, dan gue baru sadar kalo selama tahun ini gue belum ngepost apapun disini. Sampe ada temen gue yang ngedoain gue supaya “Patah Hati” dulu biar bisa nulis-nulis disini lagi. Thank you very much atas doanya.. dan akhirnya sekarang gue nulis lagi..

Banyak hal yang gue lewatin di tahun ini, awal tahun cerpen gue akhirnya dicetak jadi buku kumpulan cerita gitu, yaaa.. walaupun gak beredar bebas di toko buku sih, cuman bisa dipesen online, tapi lumayan, seenggaknya ada kepuasan tersendiri waktu cerita lu bisa “dipegang” lembar demi lembarnya.. rasanya percis kayak dapet pacar dengan status yang ‘jelas’, yang udah free lu genggam tangannya saat ngobrol, saat jalan, dan (harusnya) bisa lu banggain ke temen-temen lu.. tapi, saat tahu buku itu gak beredar di toko buku, jadi gak bisa dibaca sama sembarang orang, rasanya percis kayak yang punya pacar satu kampus tapi ortunya pacar lu belum ngerestuin lu jalan bareng, jadi lu cuman boleh pacaran saat ada di kampus doang itu pun backstreet..

Yaa.. begitulah.. kadang saat lu mendapatkan sesuatu, gak selalu pas 100% sesuai dengan yang lu harapkan..

Di tahun ini juga gue genap 22 tahun.. awalnya gue gak begitu khawatir dengan angka usia gue, tapi seiring dengan seringnya undangan pernikahan yang nyasar ke rumah gue, gue semakin sadar. Gue udah tuaaa!! Astaga....

Gue gak begitu peduli sih sama jumlah undangan dari temen yang datang mau seberapa banyak.. Yang gue selalu pikirin adalah.. dengan siapa gue dateng ke undangannya?? Gak jadi masalah kalo temen-temen yang lain pada free, jadi bisa berangkat rame-rame. Lah ini, kalo mereka berangkatnya pada bawa pasangan, gue harus gimana? bawa tapir??

Tapi selagi bukan undangan dari mantan sih gak masalah yaa.. eh, gue jadi inget ceritanya Risna, cewek di Sulawesi Selatan yang datang ke undangan nikahan mantannya yang sempet pacaran 7 tahun. Ini sedih banget sumpah, gak kebayang pacaran udah selama itu ternyata gagal naik ke pelaminan, dan ternyata Risna ini masih sayang sama mantannya. Apa kabar hatinya? Patah? Itu pasti..

Anyway.. bukan cuman Risna, gue yakin setiap orang juga pernah merasakan hal ini, Patah Hati (buat yang belum pernah ngerasain, tunggu ajah, nanti juga dapet giliran). Seberapa parah patah hatinya, itu tergantung dari masing-masing orang yang ngejalaninnya.,

Lu tahu? Ternyata orang yang jomblo belum beruntung ini, memiliki persentase tingkat patah hati yang lebih tinggi dibandingkan orang-orang yang sudah berpasangan. 

Bayangkan, kalo orang yang sudah punya pasangan, paling banter patah hati gara-gara apa sih? Ngeliat pasangannya dibonceng motor sama cowok lain, ngeliat pasangannya chatting atau teleponan sama cowok lain, atau paling banter ngepergokin pasangannya lagi ngedorong mobil cowok lain yang lagi mogok di tanjakan si Emen?? Udah.. gitu aja. Ya, intinya lu cuman patah hati sama satu orang, pasangan lu doang. Udah.

Sangat kelewatan kalo lu curhat tentang perasaan lu tentang doi yang kepergok jalan sama cowok lain ini ke temen lu yang masih jomblo kurang beruntung dalam hal asmara, lu sama aja dengan memperdalam patah hati para kaum jomblo kurang beruntung ini. 

Kenapa??
Karena.. coba lu bayangin segimana patah hatinya kaum single ini (okelah, kata ini kayaknya lebih sopan dibanding j*mblo) bakal rasain, kalo elu yang sudah punya pasangan nyerita tentang pasangan lu? Dimana perasaan lu saat harus membuat seorang ‘single’ ini memikirkan hal yang bahkan mereka sediripun selalu gagal dan belum pernah merasakannya? Sakit meenn..

Kaum single ini selalu berusaha untuk mendapatkan pasangan, chat sana-sini, pedekatean sana-sini, bahkan untuk beberapa orang single jumlah target pedekateannya bisa lebih banyak dari jumlah doi ganti celana dalem dalam seminggu. Bayangkan kalo.. emm..  katakanlah doi lagi pedekate sama 8 orang. Saat chatnya atau teleponannya gak dapet tanggepan dari 1 orang pedekateannya saja, dia udah patah hati sama 1 satu orang. Okeh, gak masalah masih ada 7 lagi. 

Kalo 2-3 orang? Gak apalah masih ada sisa pedekatean.. 

Lah ini, kalo nembak ke 8 orang dan ditolak semua?? Sakit men pasti.. Sakitnya udah 8 kali lipat dari para kaum yang sudah berpasangan.. ditambah kalo Lu (kaum berpasangan) curhat tentang masalah cintanya yang getir, astagaa gak kebayang gimana sakitnya si single ini.. 

Dan elu-elu hey para kaum yang berpasangan, Lu harus siap juga untuk giliran ngedengarin keluhan si single yang 8 kali lebih dramatis dari kisah lu.. dengan kuantitas waktu curhatan yang 8 kali lebih lama, dan perasaan yang 8 kali lebih getir, serta riwayat cinta yang 8 kali lebih menyakitkan.. sanggup??

Buat mereka yang sudah berpasangan mungkin belum pernah ngerasain gimana rasanya ngepergokin gebetannya dibonceng sama cowok lain, padahal baru kemarin sore sampe malemnya melukin elu lama banget di jok belakang motor. Pasti belum juga ngerasain gimana rasanya cemburu saat ngeliat gebetan saling mentionan sama cowok lain di twitter dengan panggilan, ‘beb’, padahal manggil ke elu selalu dengan panggilan ‘jek’.. ‘ojek’? Apalagi ngeliatin recent update bbm-nya pake display picture foto gebetan dengan cowok lain, yang posenya sama kayak pose waktu photo bareng sama lu? men.. kerasa kan sakitnya??

Disinilah si single benar-benar diuji kekuatan hatinya. Disinilah patahan hati si single akan terlihat seberapa hancurnya, dan segimana payahnya.. ya, payahnya..

Kenapa gue bilang payah disini?

Disini, kejantanan, kekuatan, dan kehormatan lu yang sebenarnya akan terlihat, mblo.. eh… ngle.. saat lu patah hati dan lu terlalu tersayat dalam patahan itu, sampe lu males ngapa-ngapain, sampe lu lupa buat mandi, lupa buat boker, berharap pengen cepet-cepet mati.. beuuhh.. sekuat-kuatnya elu nahan boker gak akan ngebuat lu mati, ngebuat lu mati gara-gara malu iya sih, kalo gak ketampung langsung ‘brojol’ di kelas pas ngampus..
Sadarkah? Dengan terlalu memikirkan doi yang udah milih orang lain itu gak akan ngebuat lu jadi tambah keren di mata doi, dan membuat doi balik ke elu, mohon-mohon gitu.. enggak! Malahan, ngetambah lu makin terihat payah.. dengan bersikap kayak gitu, elu ngeharapin dia bakal balik ke elu? Enggak. Malahan ngebuat doi makin mantep buat ngejauhin elu. Karena elu teramat payah..
Gak peduli segimana besarnya patahan yang membekas di hati lu, usaha elu buat segera nambal patahan itu menjadi bentuk baru yang lebih menarik, itu akan jauh lebih awesome.. percaya lah..

Oh iya gue lupa nge-share bait terakhir dari lirik lagunya Tulus..

Jujur memang sakit di hati
Bila kini nyatanya engkau memilih dia
Takkan lagi ku sebodoh ini
Larut di dalam angan-angan tanpa tujuan



See?? Sakit memang.. tapi elu akan tersadar, terlalu terjatuh dan terus memikirkan doi saat hati lu patah itu adalah angan-angan tanpa tujuan yang teramat bodoh untuk lu lakuin..

Yang harus dilakuin sekarang adalah jujur pada hati sendiri, akui jika lu sayang doi, lu sangat membutuhkan doi. Dan jujur pada hati lu, pasti lu gak akan bahagia juga, kalo terus memaksakan keinginan lu, memaksakan perasaan kepada seseorang yang tak dapat menjanjikan perasaan dengan tulus untuk elu..

Ya, cinta dalam sebuah hubungan itu adalah reaksi timbal-balik dari elu dan pasangan lu. Saat reaksi yang terjadi hanya reaksi searah yang hanya diberikan oleh lu kepada doi.. itu bukanlah hubungan cinta. Kalo elu emang tulus, relakanlah, dan percaya elu akan mendapatkan perasaan yang tulus juga dari ‘dia’ yang lainnya..

source : Zedge


Sakit ya? memang..
tapi elu gak akan pernah tahu rasa baghagia itu kayak gimana kalo belum pernah merasakan sakit.. iya kan? karena kelak patah hati lu yang super sakit hari ini adalah cerita yang bakalan ketawain terus-terusan dan malahan jadi joke andalan lu setiap kali kumpul dengan teman-teman, bahkan keluarga lu kelak.

Dannn… apakah lu masih inget saat pedekate sama doi? Saat elu peka, peka banget-banget sama segala macam kode yang dia kasih? Termasuk kode saat akan nolak elu menjadikan lu sebagai sahabat baiknya, elu hapal banget.. 

Sayangnya elu selalu tak sadar, kalo sebenarnya ditiap patah hati yang teralami sama elu itu adalah kode dari Tuhan? Sayangnya, kadang manusia lebih peka sama hati manusia yang dikaguminya, tapi tidak peka sama Tuhannya yang seharusnya lebih-lebih dikaguminya..



Ya, itu kode dari Tuhan yang pengen ngasih tahu, kalo dia bukan yang terbaik buat elu. Tuhan ngasih kode itu sekarang lewat patah hati, agar bisa cepat lu sembuhkan. Kebayang kalo Tuhan gak ngasih kode itu sekarang, Lu akan sangat sakit kelak.. 

 

Masih percaya, kalo Tuhan menciptakan makhluk-Nya berpasangan, dan akan dipertemukan saat sudah waktunya.. be a positive berarti emang belum waktunya hari ini. masih ada yang terbaik buat lu kelak.. Bergembiralah, doi sudah mendapatkan yang terbaik buatnya, lebih cepat dari elu. Doakan yang terbaik buat mereka, karena lu tahu kan? doa yang baik untuk orang lain, akan “di-aamiin-kan” juga oleh malaikat, sebagai doa malaikat yang dispesialkan untuk elu..

Yaa.. okee.. gue tahu patah hati gak akan hilang segampang itu, dan merelakan seseorang tidak pernah semudah itu.. tapi, mendatangkan seseorang yang lebih baik dari doi buat elu, adalah hal yang sangat mudah bagi Tuhan, apalagi kalo udah ditopang oleh malaikat yang udah ngedoain elu juga tadi.. iya gak?

Hingga kelak akan datang seseorang yang akan mengobati, mengumpulkan patahan-patahan hati lu, menggabungkannya kembali, kemudian menjaganya. Bersama-sama dengan tangan lu, tangannya akan membantu untuk menggenggam hati lu saat melangkah, agar patahannya segera menyatu, menguat, tak tercecer dan hilang. Mengawasi agar tak tersenggol sesuatu yang tajam dan membuat luka baru. Hingga lu lupa kalo hati lu pernah patah, lu lupa kalo tangan lu dan dia masih saling bergenggam, dan akhirnya lu lupa untuk menghentikan langkah lu dan dia, sebelum benar-benar sampai di tempat tujuan.. keabadian.

source : Zedge


Selamat malam.. selamat beristirahat.. terimakasih atas semua pelajaran..


Baca Juga yang Ini

0 komentar