Cilegon, 19 September 2012

Tiga hari lalu, hari Rabu, udah tepat 20 kali gue lewatin tanggal 19 September.. Ternyata Gue bisa sampe di angka berkepala 2 juga.. ...



Tiga hari lalu, hari Rabu, udah tepat 20 kali gue lewatin tanggal 19 September..
Ternyata Gue bisa sampe di angka berkepala 2 juga.. dan itu artinya gue udah mulai tua, bisa dibilang gue udah nempatin satu langkah kaki kanan di level 'siaga'.

Ya, level siaga. Gue harus mulai siaga buat apa yang bakalan terjadi di depan gue, belakang gue bahkan kanan-kiri gue.
Termasuk juga harus bisa ngejaga depan gue, belakang, dan kanan-kiri gue.

Ini adalah tanggal 19 September kedua buat gue belajar hidup di 'rumah' orang lain, nyari 'nasi' di sawah orang lain, nyari air buat minum dan ngebersihin badan dan apa yang badan gue pakai di mata air punya orang lain.



Gak kerasa udah 1 tahun, 5 bulan, 17 hari bernafas di kota Cilegon, Banten, setelah lulus sekolah langsung gawe disini.
(Akhirnya) belajar untuk hidup mandiri, ngurusin diri sendiri..
Iya, dua kali tanggal 19 September ini gue lagi tidur di Cilegon.
Sampe akhirnya kebangun gara-gara bunyi notifikasi di hp.. sms, WA, atau facebook..
Wall di facebook udah mulai dijejalin oleh 'teman-teman' (kenal, kenal sepintas, kenal-kenal lupa atau gak kenal sama sekali) yang mengucapkan "Selamat Ulang Tahun" atau hanya sekedar numpang kata "HBD".

Kadang gue suka terbesit buat ngededikasiin rasa kagum, gila dan hebat banget kepada facebook yang dengan baik hati bisa ngingetin orang tentang hari ulang tahun temannya (kenal ato gak kenal)..
Untuk sekedar ngucapin selamat, ngasih doa, minta traktiran ato apapun itu..

Tapi gue lebih ngerasa kagum yang teramat sangat ke seorang teman yang tidak memiliki akun social media tapi ingat tanggal lahir temannya tanpa harus diingatkan sama akun socmed tersebut..

Pernah ngebayangin? kalo seandainya gak punya akun socmed itu, apa kita bakalan inget tanggal ultah temen sendiri?


Paling banter cuman inget tanggal lahir gebetan, calon pacar, pacar, atau dulunya pernah pacar, udah itu doank, itupun biar dibilang perhatian, makanya setengah hidup lu bakalan berusaha buat inget terus, dan gak rela banget kalo sampai lupa.. (gak rela kalo kelewat minta traktiran maksudnya).

Gue sebenernya masih belum tahu sih, kenapa setiap perulangan tanggal lahir seseorang itu disebut 'Ulang Tahun' dan mesti dapet ucapan 'Selamat' ?

Sadar atau gak, sebenernya kita gak berhak dapet ucapan itu loh..
Toh, selama dilahirkan kita gak ngerasain apa-apa.. gak ngerasain gimana rasanya dilahirin, enak atau gak nya dilahirin, sakit atau gak nya dilahirin.. dan sejauh apa sih perjuangan kita buat dilahirin?
NOPE !

Hebat banget kalo ada orang yang benar-benar inget kronologis proses kelahirannya..
Setau gue, orang yang dilahirin itu cuman diem, nunggu dorongan dari sang Ibu.. lu cuman tiduran, pasrah, gak peduli mau keluar atau gak, soalnya belum bisa merasakan apapun, belum bisa mengingat apapun dan belum punya sesuatu yang harus diperduliin saat itu..

Sedangkan Ibu lu setengah mati, ngatur nafas, nahan rasa sakit, nenangin perasaan hati, ngejaga emosi, dan nyiapin mental dalam waktu bersamaan..
Bukannya gue sok tahu, tapi itu yang gue liat di film-film saat adegan melahirkan..

Bro, film yang cuman akting ngelahirin ajah udah sukses ngebikin deg-degan, apalagi aslinya!


Dalam hal ini gue rasa, harusnya yang mendapatkan ucapan 'Selamat' itu adalah Ibu yang udah capek-capek ngelahirin..

"Selamat yaa udah ngelahirin anak laki-laki ganteng yang sekarang usianya 20 tahun dan sholeh, baik hati, taat sama ajaran agama, bisa dibanggain keluarga pula.."

Oke, mungkin saat ini gue, bayi laki-laki yang dulu dilahirin oleh beliau 20 tahun yang lalu, belum bisa mendatangkan suatu ucapan selamat yang seperti diatas dari orang lain buat Ibu gue..

Yang jelas mau gimana pun, hari yang semua orang sebut sebagai 'Hari Ulang Tahun' ini, kayaknya mesti diubah jadi 'Hari Mengingat Perjuangan Ibu yang Sudah Melahirkan' deh, atau 'Hari Mengucapkan Terimakasih Ibu' ..


Walaupun gue rasa, kata terimakasih ajah gak cukup buat membalas semuanya..
Harusnya ada kata lagi diatas kata 'Terimakasih Banyak' untuk ngungkapin rasa terimakasih yang benar-benar gede buat Ibu..

Terimakasih yang sebesar-besarnya dari terimakasih banyak Ibu ! :)



(Tulisan ini tanpa ada maksud apapun, hanya untuk pribadi saya sendiri kepada Ibu saya)


Baca Juga yang Ini

0 komentar