15 Jam di YOGYAKARTA –PART4–

Hujan deres di sekitaran Bandung, mengantar tangan gue buat ngetik kata-kata terakhir di Bab ini. Ini seriusan gue kayak mahasiswa yan...



Hujan deres di sekitaran Bandung, mengantar tangan gue buat ngetik kata-kata terakhir di Bab ini. Ini seriusan gue kayak mahasiswa yang lagi dikejar-kejar laporan atau makalahnya sama dosen. Gak tahu kenapa, pengen cepet beres ajah ini cerita, biar kelak bisa ngebahas topik lain.

Tapi, berhubung jalan-jalan ke Yogyakarta ini adalah salah satu hal menyenangkan dan sangat-sangat seru bagi gue, jadi yaa gue nyeritanya juga semangat dan cenderung dilama-lamain. Kayak film-film keren yang seru, pasti akan selalu ada sekuelnya. Atau kisah cinta yang seru, tak membosankan dan dilengkapi dengan rasa sayang antar pasangan yang sempurna dengan rasa saling percayanya yang bisa ngebuat hubungan jauh lebih lama.
Kurang lebih cerita yogya inipun kayak gitu dah..

(pusing-pusing!)



Museum Prambanan

Okey, balik lagi ke cerita..

Selesai dari Candi Prambanan dengan matahari yang makin yolot gak sabaran, makin-makin ngebuat kita seperti manusia yang habis menunaikan perjalanan ke arah Barat untuk mencari kitab suci.
Muka makin lusuh karena keringet yang mulai banyak, bukan mulai banyak yah emang udah banyak ajah.. 

Kita istirahat di museum Prambanan agak lama, ada mungkin setengah jam sampe 45 menitan. Sempet foto—foto juga disana, tapi karena muka gue sumpah udah mirip orang yang tiduran di knalpot bis lupa ganti oli tujuh bulan, jadinya gak gue upload disini. Takut kalian pangling.

Selama di museum Prambanan kita gak puter-puter, bukannya sombong udah pinter tentang sejarah ya, tapi karena kaki udah gak nahan pengen diselonjorin bos, apalagi mata lagi fokus nyari “bibit-bibit unggul” disini.

Kita duduk-duduk selonjoran di halaman depan, disini banyak patung, arca-arca gitu. Terus diterasnya ada alat-alat tradisional, macam gamelan, goong, dan sohib-sohibnya. Kita duduk disamping gamelan sama goong, sayang banget ada tulisan “DILARANG MEMAINKAN ALAT MUSIK TRADISIONAL INI” makanya gue gak jadi menunjukkan skill hebat gue dalam memainkan gamelan. Sayang sekali.

ikannya nyambung kalo gue ajak ngobrol. tampaknya kita sehati.


Di sekitar tempat ini juga ada kolam ikan kecil, ikannya banyak, kecil-kecil, unyu-unyu, tahu gini gue ngajak si “Pussy” kucing kenalan gue di stasiun Kircon, dia kurus kasian, gak ada yang ngasih makan dan tempat tinggal yang layak, dia adalah satu dari banyak kucing terlantar di Indonesia yang butuh kasih sayang. Kalo aja gue bawa dia kesini, mungkin dia bisa pesta pora hura-hura, makan sepuasnya, atau kalo hoki bisa nemu jodoh terus kawin disini. (udahlah yg ini gak penting, lupakan)

Ternyata hari ini kita liburannya barengan sama bule Jepang, sepasang, cowok dan cewek. Ceweknya putih banget, rambutnya panjang, matanya sipit-sipit kayak ekspresi cewek yang minta di cubit, pipinya putih kena matahari jadi merah-merah minta di jamah, aahh… 

Cowoknya? Sorry gue cowok sejati yang tertarik ke cewek jadi cuman fokus ke ceweknya.

Tapi tuh cowok, badannya tinggi tampak macho juga pake baju kaos oblong warna biru dan kaca mata hitam. Cucok.

*****

Setelah yakin seluruh udara museum Prambanan udah tercemar sama keringat kita yang menguap sampe tak tersisa lagi basahnya di baju. Kita langsung memutuskan untuk melanjutkan perjalanan ini, sebelum pengunjung museum menyadari polusi udaranya berasal dari keringat kita.

Mendekati gerbang keluar kawasan Candi, ternyata ada taman yang isinya rusa-rusa cowok-cewek dilengkapi dengan tanduk gedenya. Gue diem dulu sebentar melihat cewek Jepang yang lagi ngasih makan rusa. Eh, ngelihat rusa yang lagi dikasih makan sama cewek Jepang maksudnya.
 
mbaknya Aku mau juga disuapiiinnn... :(



Kalo mau ngasih makan, disini ada abang tukang jual makanan rusa, harganya Rp. 4000 satu iket. Tergantung sih, Lu juga bisa ngasih makan pake makanan yang elu bawa sendiri, tapi gak tanggung lho yaa kalo tiba-tiba tuh rusa kejang-kejang minta kawin.

Gue serius banget nggeliatin si rusa yang semanget banget disuapin sama mbak-mbak import. Tuh liat bibirnya sampe mau keluar pager gitu, nafsu banget lu, rus!

Okedeh, gue coba fokus nyerita disini, gak mau terpancing sama rusa songong yang berhasil ngalahin gue dalam hal nyuri perhatian si mbak import. Gue tahu ini berat, karena udah dikalahkan oleh rusa, tapi gue harus terima dengan ikhlas dan apa adanya. (ini apa sih?)


-------------SKIIIIIPPPP-------------


Pukul 13.15, Ini Baru Jalan-Jalan!!


Sholat, istirahat, nyuri listrik buat nge-charge hape, terus nyempetin buat mandi dan ganti pakean di masjid Al-*&#^$8in. Masjid ini cukup gede dan ada tepat di seberang gerbang masuk area Candi Prambanan. Gue saranin buat ke masjid ini karena nyaman, ada tempat buat mandi, bisa tiduran dulu sama nge-charge hape cuma-cuma asalkan minta izin dulu. 

Kekurangannya disini itu adalah si bapak yang ada disini suka mijit-mijit orang tanpa izin, mungkin karena terlalu baik kali yaa.. Tapi karena hari ini, Ica yang dideketin terus sama bapak ini, kita memutuskan untuk segera pergi dari sini. Meskipun nge-charge hape belum penuh, meskipun masih pengen istirahat tadinya. Yang penting, kita udah bersih-bersih badan udah itu cukup.

Jalan kaki menuju halte trans Yogya lagi. Sesampenya di depan halte kita mangap dengan keren dan lugunya, ngantri bro! Halte udah kayak rambut yang gak dikeramasin empat belas hari, dikerubungin sama banyak nyamuk!

Ini hal teraneh pas nungguin bis di halte. Gue jadi merasa, kita seperti warga asing disana. Saat orang lain pada ngobrol pake Bahasa Jawa, kita berempat ngobrol dan ngakak pake bahasa Sunda. Terasa aneh, tapi entah mengapa, seperti ada sebuah keistimewaan disini. Keistimewaan Indonesia dengan kekayaan bahasanya, mampu melakukan sebuah pembicaraan rahasia di tempat umum, dengan bahasanya sendiri.

Gk lama bis Trans Yogya datang, kita langsung lelap dalam mimpinya masing-masing..

*****

Di bis kali ini banyak banget kejadian yang sumpah gak akan pernah gue lupain. Makanya sekarang gue tulis disini, agar kelak kalo gue udah lupa, bisa gue baca lagi dan ngakak sendiri lagi.

1.     #FreePukPuk Hidung.

Selama nunggu di halte hidung gue udah mulai mencium bau-bau yang emang cukup ngebuat bakteri-bakteri di hidung gue pesta seminggu karena emang super baunya kesukaan doi banget, jadi ngerasa diulang tahunin tuh bakteri.

Entah angin di halte yang kekencengan sampe nerbangin bau ketek rusa di Prambanan sampe kesini, yang jelas hampir ajah gue tewas karena kehabisan stok oksigen yang ori di halte, semuanya KW. KW ketek!

Gue sempet suudzon ke ketek sendiri, diem-diem gue ngangkat tangan kanan dan kiri terus nyiumin satu-satu tapi gak bau. Terus gue turunin lagi ketek gue,

“Maaf yaa sayang aku udah nuduh kamu yang nggak-enggak,” *cipok ketek kanan-kiri*

Untunglah bis segera datang dan bau sedikit menghilang saat gue jalan memasuki bis. Tapi, sayangnya itu sementara. Pas duduk, bau itu semakin jelas. Dan hidung gue nunjuk-nunjuk ke cewek sebelah kiri gue. Mampus Gue!! #FreePukPuk hidung, kamu yang sabar yaa..


2.     Andes oh Andes..

Waktu itu kondisi bis penuh, cuman menyisakan beberapa ruang saja untuk oksigen bisa loncat-loncat sambil joged iwak peyek di dalem bis. Diantara kita cuman Andes ajah yang berdiri. Sementara gue, Ica, dan Ucup udah dapet tempat duduk duluan. Apalagi Ucup sudah tidur duluan, karena kecapekan, dan emang dia selama di Kereta semalem cuman tidur bentar. (karena terpesona dengan si mbak yang tidurnya menawan, kayaknya).
 
Entah ada oksigen yang terlalu semanget ber-iwak peyek di dalem bis, terus ngesenggol Andes sampe pegangannya terlepas. BRUUKK!! Andes hampir jatuh dan menimpa mbak yang lagi duduk ketiduran di belakangnya dengan ekspresi unyu.

Untung badan Andes ketahan sama pacarnya si mbak yang mirip satpam di kantor gue (ini serius lho), dan tangan kanan Andes juga udah megang batang besi di atas bis.

Andes langsung minta maaf ke pacarnya si mbak. Entah kenapa gitu, mungkin Andes kecapekan, atau pegangannya licin, langsung tangannya Andes terlepas. Intinya, inilah resikonya backpacker yang bener-bener ngegembel, udah pasti capeknya, tapi pasti serunya juga.
 

3.     Kita sudah sampai Cup!

“Cup.. Cup..”
“Emm…”
“Cup.. Cup.. Bangun cup, udah mau sampe,”

Itu penggalan kata-kata gue buat ngebangunin Ucup. Standar yaa? Emang. Gue adalah orang yang paling gak suka kalo lagi tidur dibangunin orang, makanya gue paling gak enak juga kalo harus ngebangunin orang. Termasuk saat sekarang harus ngebangunin Ucup yang tempat duduknya ada di samping gue pas.


Gue pun, menggoyang-goyangkan badan Ucup sambil memanggil namanya dengan merdu, berulang kali.
Kali ini Ucup berhasil bangun dan ngebuat gue ketakutan.

Tahu zombie yang baru dibangkitkan dari kuburnya?
Kurang lebih gitulah ekspresi ucup pas dibangunin, tapi lebih tampan Ucup kemana-mana sih.

Ucup terbangun, matanya masih tampak menerawang, mengumpulkan nyawanya yang masih berantakan karena disadarkan dengan paksa. Gue inget kata-kata yang keluar dari mulut Ucup waktu itu. Ditengah wajahnya yang tak berekspresi, dan matanya yang sepaneng kayak lampu 5 watt yang tegangan listriknya mau mati, dia bilang gini..

“Tiketnya bukan di Aku kan ya?”

Gue bengong. Tiket? Disangkanya kita lagi naik kereta ke Lempuyangan.

Gosh! Nyawa yang terkumpulnya baru 87.5% masih seputaran perjalanan ke Yogya kemarin. Masih butuh waktu lama buat loading nyawanya komplit.Setelah sekian lama kemudian..

“Oh, disini mah gak pake tiket deng ya?”

Gue narik nafas panjang, kemudian sujud syukur di bis, Ucup telah kembali!!
Dan sebaiknya Gue segera bawa si Ucup turun dari bis sebelum penumpang lain ketakutan dengan ekspresi bangun tidur kamu Cup..

*****

Kita turun di halte Malioboro, dan memulai lagi per-gembel-an ini, setelah mendapatkan sedikit tenaga tambahan dari tidur sebentar di bis tadi. Langkah-langkah kaki kita menyusuri jalanan Malioboro mirip model di fashion tv. Mata gue masih setia memandangi Yogya di kanan-kiri nyari sesuatu yang “bening” dan bisa menggugah semangat kembali ke Yogya suatu hari nanti. (tempat yang bening maksudnya).

Kita melewati Gedung Vredeburg, karena menurut sumber, daleman dari bangunan ini kurang menarik, maka kita lewati saja dan langsung menuju ke Keraton Yogyakarta.

Cup, pliss itu cuman patung, ngelihatnya gak bisa biasa ajah yaa?


Oh iya, di jalanan kita nemuin patung (maaf) pantat dipinggir jalan. Dengan melihat patung ini, gue jadi penasaran sama modelnya pantat siapakah yang menginspirasi si pembuat patung ini.



Tibalah Kita di Keraton Ngayogyakarta..



Sekarang masuk ke Keraton Yogyakarta harus bayar Rp. 5.000,- (tiketnya kebuang sebelum sempet gue photo) ini naik dari sebelumnya yang hanya Rp. 2.000,-.

Belum lagi harus membayar uang izin untuk mengambil foto di area keraton Rp. 1.000,-

Ini sesuatu yang sedikit aneh buat gue. Begitu masuk gerbangnya ajah udah gak enak perasaan gue. Gak tahu deh, mood gue tiba-tiba gak enak buat ketawa, yang tadinya cekikikan sepanjang jalan, jadi gak begitu mood buat ketawa.

Jalan-jalan di kawasan keraton ini, di gerbang masuk, sudah ada sebuah patung yang lagi duduk sila gitu, di samping kanan dan samping kiri. Banyak yang foto-foto dengan gaya lucu, dan sok imut dengan patung itu, gue sih gak mau gak tahu kenapa. Tiba-tiba gak mood gitu buat foto bareng patung mbah-mbah yang lagi sila itu, padahal gue udah ngerencanain buat foto bareng patung ini, dari sebelum berangkat ke Yogyakarta.

Masuk ke dalemnya, ada satu buah ruangan yang isinya patung-patung orang-orang yang udah berperan penting buat keraton, ada prajurit, ada sultannya, penari, pokonya patung orang-orang pake pakean adat jawa dah. Kita cuman bisa ngelihat dari kaca luar, dan ngambil gambarnya dari sana. Terus ada museum lukisan gitu, dan rumahnya Sultan. 


Gue ngambil foto ini karena tertarik sama patung pria yang pake baju adat jawa warna pink di barisan paling belakang. Lihat deh, kesannya kayak yang pendiem gitu.

Gue langsung kepikiran penjaga keraton, kalo pas malem patung-patungnya tiba-tiba bangun terus perang gimana ya? ( ini efek semenjak nonton Night at The Museum gue jadi agak parno gitu masuk museum yang banyak patung-patungnya. Bawaannya pengen cepet-cepet cabut keluar).


eeehhh.. mbak nyelonong ajah, jadikan kephoto.. :D
Sumpah ini gak sengaja ke photo, buat siapapun yang kephoto, gayanya natural banget, gue suka.. :D
Semoga bisa ketemu lagi yaa mbak, tukeran nomor hape lah..

Puas keliling-keliling, kita langsung keluar.. dannn..

satu momen alami yang tertangkap kamera


Tawa yang akan selalu gue inget.

Tadinya mau pose lompat, tapi aura keraton sepertinya menahan kita untuk tidak melakukannya, maka jadilah begini. Tapi malah pose ini yang lebih menarik. Natural tanpa senyum yang dibuat-buat.

*****

Next Departure : Taman Sari

Dalam peng-gembel-an ini, jalan kaki adalah syarat wajib untuk senang-senang. Makanya kita jalan kaki menuju ke Taman Sari.

Banyak hal keren yang bisa lu lakukan dengan jalan kaki. Ngeliatin cewek yang lagi dibonceng pake motor, ngeliatin cewek yang lagi jalan kaki juga dengan tangan digandeng cowoknya, lu juga bisa ngeliat cewek yang ngecuekin lu saat lu pandangi dia sambil jalan kaki. Kasian seru kan?

Ternyata jalan kaki lama juga, gue yang nyanyi-nyanyi selama di perjalanan sampe habis tiga album dan satu album kompilasi, sedangkan ketiga temen gue udah kehabisan stok tisu buat diselipin di telinganya biar telinganya bisa tetep sehat dari suara langka gue. Damn!

Ngelewatin jalan kecil, gak tahu dah nama jalannya apa, disini banyak yang jual oleh-oleh juga. Tadinya mau beli oleh-oleh disini, tapi Karena setelah ini masih ada sesi jalan-jalan, takut ribet bawa banyak bawaan, kita putuskan buat beli oleh-oleh belakangan ajah.

Ooh iya, disini, ada satu tembok yang di gambarin gitu, keren. Sayangnya gue lupa lagi nama jalannya apa sob. lihat deh..





Gue kan bilangnya gambar di temboknya yang keren, so tolong lihat background-nya yaa jangan modelnya yaa. Hehehe.. :)

Beberapa lama-lama-lama kemudian… kita sampai di Taman Sari!
Dan.. Gosh.. gerbangnya udah ditutup, sial..

Ini udah jam 16.00an lah, lebih dikit kalo gak salah. Akhirnya kita foto di gerbang depannya ajah.. beneran lagi gak beruntung kita sore ini..


foto kita yang sumpah keren, kayak cover album band-band gitu yaa? :)
mungkin kalo band, namanya jadi "gem-band" eh typo..



Di depannya udah ada hiasan naga-naga gitu.. tadinya gue pengen masuk ke dalam, ngelihat patung naga yang di dalem kolam itu lho. Atau kalo sempet pengen nyuri-nyuri kesempatan buat renang bareng naga, dan ternyata gagal..

Di dekat sini, ada masjid, kita mampir dulu buat sholat Ashar sama istirahat bentar.


16.30 Acara Pamungkas! Alun-Alun Kidul!


Masih sore, tapi udah banyak yang mencoba peruntungannya buat berjalan ngelewatin dua pohon beringin gede dengan mata ditutup kain.
Sudah pada tahu kan mitosnya?


Siapa yang bisa ngelewatin dua pohon beringin ini dengan mata tertutup, maka permintaannya akan terkabul!


Ini gila. Gak mungkin. Masa dengan cara gitu ajah, permintaaan bisa terkabul??

Gue harus coba!

Hhaha.. nggak.. nggak..

Kita kebetulan termasuk ke dalam golongan orang-orang yang kurang begitu percaya sama yang begituan. Kita nganggap ini sebagai game, yang berhasil ngelewatin pohon beringin akan mendapatkan hadiah yang sangat menarik, gratis minum satu aqua gelas!

So here we gooooo….


  • Peserta pertama kita adalah Ucup!


Ucup dengan mata tertutup, berjalan lurus, tanpa kompromi terus berjalan hingga melewati beberapa orang di depannya tanpa menubruk, hebat sekali dia. 

Sampai mendekati akhir dia berhenti. Sumpah ini tinggal tiga meteran lagi, tinggal lurus terus maka dia akan berhasil ngelewatin dua beringin guedee itu, tapi ucup malah berhenti terus bilang gini,

“Bentar-bentar, anginnya kayak tiba-tiba berubah gitu arahnya,”

Dan kemudian dia nyerong kiri dan hanya menabrak tembok dinding pohon beringin. Sayang sekali. Ucup gagal. Ini Horror..



  • Peserta kedua, Gue!


Mulai ini dengan bismillah.. gue berdiri lurus mengarah ke antara dua beringin itu. Oke, mata gue di tutup.. gue pun mulai berjalan..

Seperti diawal gue bilang tadi, kita gak percaya sama mitos ini. Tapi kalo emang berhasil, boleh deh yaa.. Pattie tiba-tiba datang ke Indonesia cuman buat jadi cewek gue..

Anginnya bener-bener gede banget gue rasain, dan ngarah ke kiri, ini beneran gue rasain. Makanya, gue berjalan agak ke kanan buat ngelawan arah angin yang ke kiri, kayak yang mau ngarahin gue keluar dari arah yang bener.
 Dari sekitar gue denger suara orang ketawa.. horror men.. horror..

Ucup minta gue buat ngebuka tutup mata gue, dan.. ternyata yang tadi ketawa itu tiga orang gila ini.. -_____-

Dan lu tau bro gue udah sampe mana??
Untung gue diberhentiin sama si Ucup. Kalo nggak, gue udah balik lagi ke Malioboro lho.. ini serius.. horror men.. horror!!!



  • Peserta yang ketiga, Andes!


Di tahap ini, Andes diuntungkan karena sebelumnya udah pernah kesini, dan udah pernah nyobain. Andes satu langkah di depan kita. Kalaupun Andes berhasil yaa sudah wajar..

Andes ngambil kuda-kuda, matanya ditutup, dengan wajah serius dan kalem yang tercampur jadi satu, dia mulai melangkah dengan mantap..

Satu.. dua.. tiga langkah.. Andes lurus.. empat hingga tujuh langkah Andes goyah.. delapan hingga akhir.. Andes hampir nubruk tembok pohon beringin.
Dia satu kasus sama Ucup..

Harusnya selanjutnya Ica, tapi dia nolak, gak mau dikira sombong karena berhasil ngelewatin pohon beringin sendirian kayaknya..

Dari percobaan yang dilakukan oleh kita. Cuman gue doang yang parah, iya beneran! Kok bisa sampe balik lagi ke arah Malioboro yaa gue? ini horror men.. horroooorrrr!!!

Photo ini pertanda, kita sudah lulus di alun-alun kidul Yogyakarta



Sebelum hari makin gelap, kita berburu becak langsung balik ke malioboro terus ke jalan Phatok buat beli oleh-oleh. Kita nego, akhirnya dapet harga becak Rp. 20.000,-.

Selama di jalan karena penasaran soal pohon beringin tadi, gue langsung googling. Dan hasilnya..


Konon, hanya orang-orang berhati bersih saja yang bisa ngelewatin dua pohon beringin itu dengan mulus.

Diantara kita bertiga, guelah yang paling gagal parah ngelewatin pohon beringin itu, itu artinya guelah yang hatinya paling kotor parah..

Sumpah ini bener-bener ngetuk hati gue, buat bener-bener ngebersihin hati gue..
Pokoknya begitu balik, gue harus mulai instropeksi diri gue, terus bertekad untuk mulai hidup gue dengan bersih, dan ngebersihin hati gue dengan sungguh-sungguh. Gue harus nyari tempat laundry hati yang bagus dimana yak?

*****

Kita mampir dulu buat makan di Gudeg Bu Widodo di Jalan Wijilan. Gue tuh makan pake gudeg sayap ayam, sama jeruk panas habis Rp. 20.000,- cuy..

Terus perjalanan becak berlanjut ke jalan Phatok buat beli oleh-oleh disini, gue sih beli baju sama celana pendek yang motif batik-batik dan gantungan kunci. Baju-bajuan harganya variatif mulai dari Rp. 20.000,-, silahkan sesuaikan dengan kondisi dompet bro-bro sekalian..

Berhubung udah Maghrib, kita harus buru-buru ke Stasiun Lempuyangan, karena jadwal kereta di tiketnya jam 20.22. kita langsung nyari becak lagi, dan dapet becak yang mau nganter kita ke Lempuyangan dengan harga Rp. 25.000,- . awalnya kita nolak dan coba buat nego, tapi karena harganya udah mentok yaa udah.

Di tengah jalan, banyak ngobrol sama bapak becaknya, kita ditawarin buat mampir ke tempat beli baju khas Yogyakarta (semacem distro khas yogya) namanya M’RONGOS. Karena udah beli baju, jadi yaa gak mampir ke sana, cuman numpang lewat ajah..

Terus si bapaknya baik banget mau nganterin kita ke tempat yang jualan bakpia. Eh, sampe di toko bakpianya ternyata penuh banget, ngantri disana. Baiknya beliau malah nganter kita ke pabriknya. Keren, yang kalo misalkan kita beli di toko bisa ngantri sampe setengah jam lebih kali, dengan beli di pabriknya langsung kita cuman makan waktu kurang dari sepuluh menit. Thank you pak..

*****

Pukul 18.40 Sampai di Stasiun Lempuyangan.

 

Turun di Lempuyangan, dan ngasih Rp. 25.000,- ke bapak tukang becak. Kita sempet mikir buat nambahin, tapi udahlah.. iya, pas awal kita minta buat harganya diturunin. Begitu jalan, ngeliat jalan yang jauh dan rutenya yang nanjak, sampe ngos-ngosannya bapak kedengeran jelas. Kita jadi merasa bersalah udah minta potongan harga tadi.

Terimakasih Pak, awas hati-hati hujan (sampe di Lempuyangan langsung gerimis soalnya). Ditambah lagi, bapak yang tadi cerita ke Gue dan Ucup kalo beliau gak kuat sama air hujan. Suka mendadak sakit gitu. Jadi ngerasa kasihan gue..
Kita masuk ke stasiun, nyari tempat duduk kosong, dan bener ajah gak lama langsung turun hujan. Semoga gak apa-apa tuh bapak yang tadi.

Ngecharge hape, sholat Maghrib+Isya, langsung ngobrol-ngobrol lagi. Ngomongin kejadian seru seharian ini, yang bener-bener kerasa cepet banget dan kayak mimpi.

Gak lama ada pengumuman kereta mundur, datangnya jadi jam 21 lewat. Sial..
Tahu gitu, kita bisa jalan-jalan dulu di Malioboro. Nyari yang "bening-bening" gitu (tetep).

Yap, begitulah 15 Jam Kita di Yogyakarta. dari jam 6 pagi sampai jam 21 malem. Sebuah perjalanan yang gak diduga, dengan segala dadakannya, dan ternyata hal yang ngedadak itu sumpah keren, seru.. dan banyak kejutan di dalam ke-mendadak-annya.

Banyak tempat yang belum kita kunjungi di Yogyakarta, semoga kelak kita diberikan kesempatan lagi untuk datang kesini, dan ‘menamatkan’ perjalanan kita di Yogyakarta.

Kita apalagi gue pasti akan sangat-sangat merindukan….

“Mbak…”

Kita ketemu sama mbak yang di PART1 gue certain itu loh, yang mangap pas tidurnya manis banget, yang pelit banget sama namanya, bahkan sampai hari ini ketemupun gak mau ngasih tahu namanya.

Sayangnya, kali ini gerbong kita misah, kita di gerbong 6, dia di gerbong 7. We’ll miss you, mbak. Semoga bisa ketemu lagi lain waktu, atau mungkin nanti kita bisa traveling bareng ke Magelang, sekalian ke rumah mbaknya..

Kereta datang jam 21 lewat. Kita memasuki gerbong, dan dalam hitungan menit, langsung terlelap disana. Perjalanan kita di Yogya hari ini berakhir bersama lagu yang mengalun lembut memasuki telinga gue lewat earphone, dan mengantar gue ke alam mimpi.

Ini perjalanan kita berempat yang pertama kali, dan berharap kelak akan bersambung lagi dengan destinasi baru, dan lebih seru..
Sampai jumpa lain waktu kawan!

Tulisan ini, gue buat hanya untuk menyimpan kenangan yang begitu kecil dari banyaknya kenangan yang sudah dilalui. Jika kelak merindukan saat-saat ini, semoga tulisan ini bisa mewakili kerinduan dan memeluk satu hari penuh perjalan tawa dan senyum yang disaksikan langsung oleh peluh keringat yang membasahi baju ini.

Ini hanya sedikit perwakilan kisah dari panjangnya kisah yang tak sanggup terungkapkan dalam tulisan yang super singkat ini..

Lewat tulisan sederhana ini, Gue, Cahyo Prasetiyo mengucapkan terimakasih yang tak terhingga kepada M. Fatkhan Yusuf, M. Andes Bayu P, dan Marissa Agustina, yang sudah nyempetin waktunya buat nemenin gue jalan-jalan, seru-seruan di Yogyakarta ini. Juga buat Riana Septiyani dan Isna Wulan, yang gak sempet ikut karena ada urusan kampus sama sekolahnya. Kelak kita seru-seruan lagi dengan formasi penuh yaa..

Akhir kata dari gue..


“Jadilah diri sendiri dengan keistimewaannya masing-masing, seperti Yogyakarta yang selalu istimewa dengan budayanya sendiri yang terus diabadikan apa adanya hingga sekarang.”



See You guys.. Thanks for reading.. :)





Baca Juga yang Ini

0 komentar